View Single Post
Old 17th July 2015, 08:16 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kereta Cepat, Tiga Investor & Cita-Cita Jokowi

Quote:
JAKARTA - Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia tengah mengalami perlambatan, namun hal ini tidak menyurutkan niat investor untuk berinvestasi di Indonesia. Contoh saja investor yang berebut membangun kereta cepat (High Speed Train).
Ada dua negara yang tertarik untuk membangun kereta cepat di Indonesia, yakni Jepang dan China. Keduanya dikabarkan, sudah mengirimkan proposal untuk membangun kereta api cepat kepada pemerintah Indonesia. Selain itu, ada juga Prancis yang ingin mengikuti lelang ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menargetkan groudbreaking dapat dilakukan pada Agustus 2015. Sayangnya, meski Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi, Special Envoy of Prime Minister of Japan menyatakan tertarik membangun kereta api cepat, namun realisasi pembangunan tersebut masih Jauh Panggang dari Api

Pasalnya, pembangunan kereta ini harus melewati tahapan yang cukup panjang, yang sebenarnya sudah dapat dilakukan jauh-jauh hari. Apalagi, Jepang telah melakukan feasibilty study tanpa menunggu kucuran dana pemerintah.

Pembahasan mengenai kereta super cepat ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, setelah melakukan pidato dalam sesi pertama rapat paripurna di acara peringatan ke-60 Konferensi Asia-Afrika (KAA), Presiden China Xi Jinping sempat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI Jokowi.

Melihat belum ditetapkan siapa yang akan mengerjakan proyek tersebut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas) Andrinof Chaniago mengatakan groundbreaking kereta cepat pada Agustus sulit terealisasi.

Pasalnya, saat ini pemerintah pun baru membuka beauty contest untuk kereta cepat, dan akan menunjuk konsultan independen dalam mempelajari proposal yang diajukan negara China dan Jepang. Sehingga, dalam perjalanannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Tidak hanya itu, pemerintah pun tiba-tiba ingin mengajak investor asal Prancis untuk mengikuti beauty contest ini. Akibatnya, pemerintah masih harus menunggu proposal dari Prancis.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links