View Single Post
Old 17th July 2015, 08:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Naik Turun Bisnis Sewa Mobil Saat Lebaran di Yogyakarta


Quote:
Liputan6.com, Yogyakarta Mobil pribadi masih menjadi alat transportasi yang vital bagi sebagian orang. Namun jika kondisi mobil sedang rusak atau tidak memiliki mobil pribadi, maka persewaan mobil bisa menjadi pilihan saat Lebaran.

Namun ternyata tidak semua bisnis sewa mobil saat Lebaran menjadi pilihan masyarakat. Seperti disampaikan pengelola Hafa Transport, Parlan. Tahun ini Lebaran bersamaan dengan waktu masuk pendaftaran sekolah.

Sementara, lanjut dia, harga barang terus naik, sehingga membuat warga menjadi ingin berhemat dan tidak menyewa mobil saat Lebaran. Bahkan hingga H-1 armada yang sudah disewa baru 40 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

"Bersamaan libur pendidikan dan harga naik, jadi peningkatan tidak signifikan. Dulu bisa 100 persen, sekarang hanya 40 persen, menurun. Cabang lain juga mengeluh. Daya beli masyarakat lebih baik penghematan. Biasanya H-4 sudah habis, sekarang H-1 masih banyak," kata Parlan, Kamis (16/7/2015).

Parlan mengatakan, di tempatnya ada 10 armada untuk kendaraan keluarga yang biasa dipesan. Namun karena kondisi ini, dirinya mulai berpikir menurunkan standar harga dan aturan.

"Harganya ya harga obral. Biasanya seminggu ya 5 hari boleh. Kalau Avanza naik Rp 100 ribu. Kalau sehari saja bisa Rp 400 ribu, kalau di tempat lain bisa Rp 700 ribu," ujar Parlan.

Persewaan lainnya yakni Aselia Car Rental terlihat berbeda. Esti sebagai administrasi mengatakan rental mobil yang ada di Jalan Parangtritis ini sudah mulai ter-booking semua sejak 12 Juli lalu.

Bahkan, lanjut dia, seluruh armada untuk keluarga sudah ter-booking hingga 19 Juli. Dari 31 mobil kendaraan keluarga, masih 2 mobil yang menunggu konfirmasi. Kebanyakan warga yang menyewa kendaraan di tempatnya berasal dari Yogyakarta.

"Mulai ramai sejak 12 Juli kemarin sampai 19 Juli, Lebaran full booked. Ada 60 armada. Kalau mobil keluarga 31 mobil dan sudah ke-booking," kata Esti.

Dia menyebut, di tempatnya ada sistem paket yang bisa dipilih. Ada paket 3 hari, 5 hari, 7 hari atau 10 hari. Dari paketan ini ada kenaikan harga karena Lebaran. "Kalau biasa Rp 250 ribu per 24 jam. Kalau paket yang 3 hari misalnya per harinya sudah Rp 550 ribu. Jadi lebih 100 persen," jelas Esti. Dia menambahkan, kondisi satu rental mobil laku keras sementara rental lainnya kurang begitu laku memang sering terjadi. (Sss/Sun)
SUMBER : Liputan6.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links