View Single Post
Old 18th July 2015, 08:18 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bank Swasta Harus Turunkan Bunga Pinjaman ke UMKM

Quote:
JAKARTA - Pemerintah telah mempermudah kredit pinjaman untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi 12 persen melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Namun, para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyayangkan minimnya bank penyalur pinjaman bunga minim untuk UMKM tersebut.
Ketua Hipmi Bahlil Lahadalia mengatakan, jika pemerintah ingin menumbuhkan UMKM, seharusnya pemerintah menambah jumlah bank penyalur pinjaman minim bunga tersebut. Bahkan seharusnya pemerintah menggandeng lebih banyak bank-bank swasta.

"Minimal di semua bank swasta. Karena kalau cuma satu bank penyebarannya terbatas," tutur Bahlil saat mendatangi Open House Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, di Komplek Widya chandra, Jakarta, Jumat (17/7/2015).

Selain itu, dia mengatakan plafon kuota yang diberikan saat ini yang sejumlah Rp200 juta masih kurang. Pasalnya, untuk mengembangkan sebuah usaha dibutuhkan modal yang jauh lebih besar.

"Kedua, yang harus dilakukan pemerintah bila perlu lakukan subsidi tidak hanya bunga, tapi tambah batas minimal kredit itu bisa dilakukan. Sekarang Rp 200 juta doang kan, naikan lagi harusnya," tambahnya.

Ketiga, tambahnya, pemerintah harus solusi market untuk menyalurkan produk-produknya. "Karena sebentar lagi MEA, jadi jangan hanya minta produksi saja pemerintah ini hasilnya tapi nggak ada alur marketnya," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links