View Single Post
Old 20th July 2015, 11:59 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tips Selamatkan Anggaran Meski Miliki Komunitas

Quote:
JAKARTA - Setiap orang pasti masuk dalam lingkaran sosial atau biasa disebut komunitas. Namun, tidak selalu komunitas yang kita tempati sesuai dengan gaya hidup kita, terutama dari sisi anggaran.

Melansir dari AboutMoney, suka atau tidak lingkaran sosial kita seperti tetangga, teman-teman, keluarga memainkan peran besar dalam membentuk sikap dan perilaku kita terhadap uang.

Jadi, jika Anda mencoba untuk mengelola anggaran, Anda harus menjadi pribadi cerdas secara finansial. Pasalnya, lingkaran sosial Anda tidak selalu memberikan pengaruh yang baik atau teladan bagi keuangan yang sehat.

Jika Anda khawatir bahwa orang-orang dalam kehidupan Anda tidak mendukung keputusan Anda untuk hidup lebih efektif, Anda harus sadar dengan gaya hidup. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah Anda tidak terjebak dalam anggaran yang boros demi bertahan dalam lingkungan sosial.

1. Pilihlah hang out dengan hati-hati

Jika Anda cenderung meniru orang-orang di sekitar Anda, maka mungkin Anda akan tergoda jika teman-teman Anda memesan layanan VIP. Pasalnya, orang cenderung melakukan hal yang sama dengan kelompoknya, agar tetap bisa diterima di kelompok tersebut.

Namun, ini bukan berarti Anda harus menjauhkan diri dari teman-teman yang memiliki gaya hidup seperti itu. Anda hanya harus fokus untuk menghabiskan weekend dengan biaya yang lebih terstruktur.

2. Lakukan kegiatan dengan budget murah

Tujuan dari komunitas adalah menghabiskan waktu dengan kawan-kawan Anda untuk melakukan hal yang menyenangkan. Mungkin teman-teman Anda hanya melakukan kebiasaan standar mereka seperti makan di restoran atau nongkrong di bar.

Oleh karena itu, Anda harus menjadi breakthrough kegiatan yang dilakukan, dengan kata lain berarti Anda dapat memilih sesuatu yang menyenangkan namun tetap ramah dompet. Misalnya, bermain sepak bola di taman, menonton film di rumah atau hanya menghabiskan waktu berbincang di ruang tamu.

Sebagai tambahan, Anda mungkin akan menjadi lebih populer di antara teman-teman Anda, karena Anda datang dengan ide-ide atau kegiatan yang menyenangkan. Siapa tahu, dari kegiatan yang Anda usulkan akan memperkuat persahabatan Anda.

3. Cari pasangan yang sepikiran dengan Anda

Tidak dipungkiri, kebanyakan anggaran Anda hilang untuk pasangan Anda. Oleh karena itu, maka Anda dan pasangan harus menyesuaikan pola pikir bersama. Dengan memotivasi pasangan Anda, Anda juga akan memotivasi diri sendiri.

Kadang-kadang cara terbaik untuk mencari jalan tengah adalah meminta bantuan dari teman terpercaya Anda, dan tidak ada yang lebih baik selain pasangan Anda untuk mengisi peran itu.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan jika pasangan Anda tidak tertarik? Minta dia untuk membuat visi untuk menemukan mengapa dia menolak. Anda bisa menjelaskan penganggaran yang bukan menjauhkan diri Anda dari belanja, namun agar anggaran Anda terpakai sesuai tujuan.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links