View Single Post
Old 24th July 2015, 08:50 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pasar Saham Tak Memuaskan, Apa yang Terjadi?

Quote:
JAKARTA - Performa pasar saham dan obligasi Indonesia di paruh pertama tahun 2015 tidak terlalu memuaskan. Sebenarnya, apa yang terjadi?

Sebenarnya di kuartal pertama 2015, kinerja pasar finansial Indonesia masih sesuai ekspektasi, di mana pasar saham naik 5,58 persen dan pasar obligasi bahkan naik 6,01 persen.

Namun, Director of Investment Manulife Asset Management Alvin Pattisahusiwa menjelaskan, kondisi sebaliknya terjadi di kuartal kedua, pasar saham berbalik arah turun 11,02 persen dan pasar obligasi turun 3,47 persen.

"Pelemahan pasar finansial di kuartal kedua yang pada akhirnya menyeret performa keseluruhan sepanjang setengah tahun pertama disebabkan oleh kombinasi faktor global dan domestik," ujar dia dalam riset yang dirilisnya, Jumat (24/7/2015).

Berikut ini faktor yang mempengaruhi pasar finansial.



1. Sisi Global

Beberapa faktor seperti rencana kenaikan Fed Rate, kondisi Eropa dan Yunani, membuat volatilitas meningkat.

Di lain pihak stimulus dan regulasi pasar modal China juga menyedot arus likuiditas global masuk ke pasar saham China.

2. Sisi Domestik

Pelemahan Rupiah, inflasi yang masih tinggi, melemahnya aktivitas ekonomi yang tercermin pada turunnya pertumbuhan laba korporasi dan PDB, membuat investor harus menghitung ulang asumsi yang dipergunakan sebelumnya.

"Spesifik untuk pasar obligasi, kenaikan imbal hasil surat utang Jerman dan Amerika Serikat juga menambah tekanan," ujarnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links