View Single Post
Old 24th July 2015, 11:42 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2443
Posts: 597
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Ada Beberapa Penyebab Tangan Bengkak

Ada Beberapa Penyebab Tangan Bengkak

Ada Beberapa Penyebab Tangan Bengkak Seorang ibu berumur 30 tahun mengeluhkan tangannya yang sering kaku dan terasa bengkak, Gejala itu terjadi apabila tangannya tidak sedang beraktifitas. Didiamkan beberapa saat tangan itu sedikit memerah dan tampak seditkit membengkak apakah itu adalah tanda-tanda penyakit asam urat ? Dalam ilmu kedokteran keluhan tangan yang terasa kaku dan bengkak bisa termasuk dalam gejala muskuloskeletal yang disebabkan karena adanya kelainan pada otot, tulang dan persendian atau gejala neurologis yang di sebabkan oleh kaelainan saraf.
Salah satu penyebab tangan bengkak :

  • Jika hanya merujjuk pada gejala-gejala yang di alami ibu tersebut kemungkinan penyebab dari kekakuan pada tangannya sangat banyak sekali karena untuk menentukan diagnosis akan diperlukan pemeriksaan medis lebih lanjut. Meskipun demikian berdasarkan gejala yang dialami ibu tersebut ada 3 penyakit yang sering menyebabkan tangan bengkak :
  • Rheumatoid Artritis (RA) RA merupakan penyakit yang sebabnya tidak diketahui pasti dan diduga faktor yang paling berperan adalah faktor genetik, Penyakit ini merupakan penyakit peradangan kronik seluruh tubuh dengan keluhan utama terjadi pada persendian. Gejala yang sering muncul pada pasien dengan Rheumatoid Artritis adalah kekakuan pada pagi hari, pembengkakan disekitar sendi, penurunan sensiticitas/ merasa rasa kebal, sendi yang terkena biasanya dipergelangan tangan atau persendian jari, mengenai lebih dari satu persendian dan keluhan bersifat simetris (mengenai kedua sisi tubuh).
Baca juga : Obat Tangan Bengkak
  • Artritis Gout Penyakit ini sering dikenal juga dengan nama asam urat, Artritis gout merupakan penyakit akibat penumpukan kristal asam urat pada sendi yang mengakibatkan peradangan biasanya sendi yang terkena hanya satu dan paling sering mengenai sendi ibu jari kaki. Sendi yang mengalami asam urat akan terlihat bengkak dan merah serta nyeri, Selain sendi ibu jari, persendaian juga dapat terkena di pergelangan kaki, pergelangan tangan dan jari tangan. Artritis gout dapat mengenai pria dan wanita dengan angka kejadian paling sering pada usia 30-an (pada prria) dan 40-an (pada wanita).
  • Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Diterjemahkan dalam bahasa indonesia sebagai sindrom terowongan karpal, CTS mewrupakan kondisi yang terjado akibat terjepitnya saraf fi daerah pergelangan tangan kondisi ini sering terjado pada usia 30-an dan 60-an diaman mayoritas penderitanya adalah wnaita. Gejala yang biasa dialami oleh pasien dengan CTS adalah nyeri, kebal, rasa terbakar, rasa kesemutan di jari-jari serta tangan yang dapat menjadlar ke siku. Pasien juga kadang mengeluhkan adanya rasa kaku pada tangan dan keluhan biasanya memberat ketika pasien mengerjakan pekerjaan manual menggunakan tangan seperti mencuci, emnggosok baju, mengangkat barang-barang dll.
astianisa is offline   Reply With Quote
Sponsored Links