View Single Post
Old 25th July 2015, 08:40 PM   #1
Sek Des
 
Hendy's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2015
Userid: 4092
Location: Surabaya
Posts: 568
Likes: 25
Liked 17 Times in 16 Posts
Default Pentingnya sebuah Backlink Blog

Berbicara tentang penting tidaknya sebuah backlink blog tidak akan mencapai sasaran yang tepat bilamana kita tidak memahami pengertian atau definisi sebuah backlink itu sendiri. Search engine semacam Google mempertimbangkan isi situs untuk menentukan kualitas sebuah link (backlink). Incoming link yang kita miliki berasal dari situs lain dengan content yang sejenis atau berhubungan dengan situs kita diartikan sebagai "incoming link (backlink) yang berkualitas". Bila incoming link berasal dari situs yang tidak berhubungan sama sekali dengan situs kita maka search engine akan menganggap relevansinya kurang, artinya sia-sialah proses pencarian backlink yang telah kita lakukan.


Apa sih sebenarnya manfaat backlink ?

Di samping backlink tersebut berguna untuk menaikkan popularitas sebuah situs atau blog di search engine, backlink juga bermanfaat sebagai petunjuk atau jalan bagi pengunjung untuk berkunjung ke situs kita. Jalannya dari mana ? Selain dari search engine, tentu pengunjung datang dari situs-situs yang telah memberikan backlink dan mengarah ke situs yang kita miliki.

Berapa jumlah backlink yang kita butuhkan supaya blog atau website kita jadi terkenal ? Terkadang kita berpikir demikian, bahwa backlink harus banyak untuk blog atau website. Tapi bagi saya pribadi bukan tentang berapa banyaknya (kuantitas), akan tetapi lebih kepada seberapa berkualitasnya backlink tersebut. Percuma kita membangun backlink yang banyak jika tidak memiliki kualitas yang memadai. Banyak blog atau website yang memiliki sedikit backlink tapi terkenal dan disukai oleh search engine seperti Google. Mengapa demikian, karena admin atau pemilik blog atau website tersebut pandai mencari dan memanfaatkan backlink yang berkualitas.

Baca juga : Backlink dan Relevansinya

Bagaimana cara penempatan backlink yang baik

Backlink akan semakin berkualitas apabila ditempatkan pada posisi yang strategis. Tapi strategis bagi siapa ? Sudah tentu strategis bagi situs yang akan menerima backlink dari situs kita. Sederhana saja, bagaimana mungkin situs kita bisa ditemukan orang lain bila backlink ditempatkan pada tempat yang sulit dicari orang ? Banyak petunjuk mengarah ke situs kita namun petunjuk tersebut ditempatkan di hutan, bagaimana orang lain bisa menemukan petunjuk tersebut di hutan, sulit bukan ? Nah, untuk situs dengan navigasi yang baik, tentu saja hal ini bukanlah suatu masalah. Penempatan link dengan Natural Backlink, apa pula itu ? Natural backlink adalah penempatan backlink yang disisipkan di dalam konten atau artikel dan dalam bentuk kalimat sehingga terkesan natural. Selain itu, sebaiknya menggunakan backlink berupa text link daripada banner link. Mengapa ? Google membaca text link atau anchor link. Mau backlink yang semakin berkualitas lagi ? Lakukan deep linking yaitu natural linking yang lebih fokus pada halaman (web page) tertentu dari situs tersebut. Biasanya ini berupa kalimat rekomendasi atau sumber artikel yang kita dapatkan. If you want to know more about backlink you can read Google Back Links- Webmaster Help.

Lalu, Mengapa Backlink Sangat Penting ?

Berikut adalah 7 Alasan Mengapa Backlink Sangat Penting :
  • Backlink adalah merupakan parameter utama, yang menunjukkan referensi dari situs di Internet. Inilah sebabnya mengapa mereka masih membantu Google dan mesin pencari lainnya untuk mengevaluasi dan membandingkan situs dengan satu sama lain pada SERPs.
  • Backlink dapat berfungsi sebagai indikator popularitas selain Alexarank.
  • Backlink menawarkan cara yang nyaman untuk pengunjung dari situs-situs lain untuk datang ke Anda. Google akan selalu memonitor jumlah orang yang mengunjungi situs web Anda.
  • Backlink membawa poin SEO positif dengan meningkatkan traffic blog Anda.
  • Backlink yang berasal dari situs-situs yang terhubung ke bisnis Anda, itu adalah sinyal untuk mesin telusur tentang perlunya memindai situs yang mendapat backlink tersebut.
  • Backlink menarik lalu lintas dari berbagai jenis website yang terhubung ke bisnis Anda. Anda perlu backlink dari semua situs-situs tersebut untuk meningkatkan peringkat mesin pencari, dan bukan hanya dari jenis tertentu dari situs.
  • Backlink, yang muncul secara bertahap, merupakan sinyal untuk mesin tentang popularitas website, yang menarik perhatian orang mencari blog atau website anda.

Backlink Checker Tools

Untuk mengecek backlink situs web blog anda adalah dengan menggunakan jasa cek backlink situs web dari situs-situs di internet secara gratis. Salah satu diantaranya bisa menggunakan Backlink Watch. Backlink Watch memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam mendiagnosa backlink situs kita.

Demikian tadi penjelasan singkat tentang backlink, sebenarnya masih banyak ilmu tentang backlink yang bisa kita pelajari untuk menambah wawasan. Seperti misalnya tentang jenis-jenis backlink. Akan tetapi karena saya juga masih baru belajar jadinya ilmu tentang backlink masih dangkal. Satu hal yang pasti, seorang ahli SEO (Search Engine Optimization) pun harus benar-benar mengerti dan mendalami tentang backlink yang merupakan salah satu faktor penting dalam penentuan Google PageRank. Sampai jumpa pada tutorial yang akan datang dan semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :
Mengapa Backlink Blog itu penting
Hendy is offline   Reply With Quote
Sponsored Links