View Single Post
Old 28th July 2015, 08:33 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pilih KPR, Perhatikan Hal Berikut!

Quote:
JAKARTA - Dengan memperoleh gambaran tentang harga pasaran rumah yang tepat Anda dapat mulai melakukan survei terhadap fasilitas yang tawarkan oleh para penyedia produk KPR yang ada.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui besar dana yang perlu dipersiapkan untuk mengakses fasilitas KPR, yang terdiri dari uang muka dan cicilan serta bunga.

Dalam memilih produk KPR yang tepat hendaknya Anda mencermati beberapa hal, antara lain reputasi institusi penyedia KPR, fasilitas suku bunga, manfaat-manfaat layanan dan bantuan yang ditawarkan ketika KPR berjalan, seperti ada atau tidaknya penalti jika dilakukan pelunasan lebih awal, biaya administrasi dan lainnya.

Hal yang tak kalah penting sebelum mengajukan KPR, adalah kesiapan dana dan komitmen Anda mengingat masa tenor umumnya berlangsung belasan hingga puluhan tahun. Anda perlu menyiapkan uang muka (down payment) umumnya sebesar 20-30 persen dari harga rumah dan sisanya dicicil selama masa tenor.

“Dana yang dibutuhkan tidak sedikit, lho,” ujar EVP Head of Retail Banking Service Commonwealth Bank Anwar Zaenudin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (28/7/2015).

“Persiapan dana sebelum mengajukan KPR perlu direncanakan jauh sebelumnya, bisa dengan menabung atau memulai investasi,” tambah dia.

Selain itu yang perlu diperhatikan dalam memilih KPR adalah, (1) Bunga KPR, (2) Bunga Floating, (3) Biaya provisi dan administrasi serta (4) Biaya penalti apabila pelunasan dipercepat, apakah ada biasa dan berapa kira-kira biayanya. Perencanaan yang cermat dan kesiapan Anda sangatlah penting untuk mewujudkan keinginan memiliki rumah idaman.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links