View Single Post
Old 31st July 2015, 12:27 PM   #1
Sek Des
 
Hendy's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2015
Userid: 4092
Location: Surabaya
Posts: 568
Likes: 25
Liked 17 Times in 16 Posts
Default Meraih sukses dengan blog gratisan

Info Blog. Meraih sukses dengan sebuah blog gratisan terdengar sebagai sebuah mimpi di siang bolong alias bagaikan pungguk merindukan bulan atau sesuatu yang mustahil terjadi. Demikian kemungkinan anggapan sebagian orang yang tentu saja belum sepenuhnya memahami eksistensi sebuah blog, meski dalam bentuk blog gratisan sekalipun.

Membuat sebuah blog gratisan (dengan platform blogger) untuk dapat tampil sekelas blog-blog yang mempergunakan TLD (top level domain) adalah merupakan suatu perkara yang mudah untuk dilakukan, yang penting sang adminnya harus sedikit menguasai pola-pola optimasi SEO blog (berikut dengan perkembangannya) agar dapat bersaing dengan blog-blog TLD pada sebuah daftar halaman pencarian search engine semacam Google search engine. Penulis sendiri telah membuktikan hal tersebut, bahwa hingga saat ini Info Blog (yang nota bene sebuah blog gratisan) telah mampu menembus jajaran halaman pertama daftar pencarian Google dengan jumlah kompetitor yang melampaui angka 2 milyar lebih. Tentu saja hal ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

Berikut ini sekedar merupakan kiat-kiat meraih sukses dengan sebuah blog gratisan.


1. Pilih Niche Blog Paling Banyak Dicari

Sebelum membuat blog, sangat disarankan untuk memilih sebuah niche blog yang paling banyak dicari. Semakin banyak orang yang mencari informasi dengan niche tertentu, maka tentulah akan semakin banyak juga visitor yang datang ke blog kita. Untuk mencari kepopuleran niche kita bisa menggunakan tool Google Trends. Dengan Google Trends kita bisa tahu niche apa saja yang paling sering di cari melalui search engine. Dalam hal ini kita gunakan saja search engine paling terkenal yaitu Google. Biasanya niche yang paling diminati dan paling banyak dicari adalah tentang dunia teknologi seperti komputer, gadget, dan lain-lain.


2. Rajin Menulis Artikel

Jika point pertama tersebut di atas sudah di tangan kita, artinya niche sudah ditentukan dan blog juga sudah jadi kita buat. Maka langkah selanjutnya adalah mengisi blog dengan tulisan-tulisan/artikel. Buat artikel yang sesuai dengan niche blog. Tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau blog yang berthemakan gado-gado akan sukses. Karena sudah banyak contohnya blog gado-gado bisa sukses. Yang terpenting dalam menulis artikel adalah usahakan jangan menulis artikel hasil copy paste dari blog lain. Tindakan ini hanya akan membuang waktu dengan percuma. Artikel hasil copy paste kedepannya akan sulit diindex di mesin pencari. Bahkan lama-lama jika seluruh artikel yang kita tulis di blog hasil copy paste, maka blog akan lenyap dari SERP. Hal ini bisa terjadi setelah adanya algoritma Google Sandbox.

Jika kita terpaksa harus melakukan copy paste artikel dari blog lain, maka sebaiknya usahakan untuk melakukan modifikasi lagi. Jadi jangan seutuhnya artikel tersebut hasil copy paste. Lakukan perubahan dengan menggunakan gaya bahasa anda sendiri.

Maka dari itu, point pertama yang paling penting adalah kita harus mencari niche untuk blog kita yang akan dibangun. Selain kita bisa tahu bahwa niche apa yang paling banyak diminati, selanjutnya untuk menyesuaikan apakah kita mampu mengembangkan blog jika kita memilih niche tersebut.


3. Lakukan Promosi Artikel

Promosikan artikel-artikel yang kita tulis di blog. Kegiatan promosi ini sangat penting karena untuk menarik visitor yang menuju ke blog kita. Lakukan promosi ke situs-situs terkenal dengan cara blogwalking. Atau bisa juga membagikan link artikel melalui sosial media seperti Facebook, Twitter dan juga promosi ke sosial bookmark ternama. Selain itu kita bisa aktif menuliskan kembali artikel yang dibuat di situs artikel direktori atau forum-forum terkenal.


4. Bangun Backlink Yang Berkualitas

Untuk memperkuat artikel agar muncul di halaman terbaik SERP, maka kita harus membangun backlink yang berkualitas. Backlink adalah link yang kita tanam di luar (blog) yang mengarah ke blog kita. Backlink ini bisa kita dapatkan dari kegiatan blogwalking, aktif menjadi penulis tamu di blog terkenal, submit URL artikel di web 2.0 seperti Tumblr, WordPress, Blogdetik, dan lain-lain. Usahakan carilah backlink yang berkualitas. Artinya sebuah backlink yang kita peroleh dari web-web yang mempunyai otoritas bagus. Langkah ini konon katanya untuk meningkatkan SEO blog.


5. Pasang Iklan Di Blog

Nah jika semua point di atas sudah kita terapkan, maka sampailah kita kepada point yang paling dinanti-nantikan. Kalau blog kita sudah terkenal dan visitor perharinya sudah stabil, maka cobalah pasang iklan di blog kita. Terserah mau iklan apa yang akan dijalin kerjasamanya dengan kita. Jenis iklan yang biasa ditempel di blog-blog seperti iklan PPC (Pay Per Click), contohnya Google Adsense, Chitika, Infolink, Kliksaya, dan masih banyak lagi. Kemudian iklan CPM (Cost Per Mille), contohnya Value Click, Burts Media, dan lain-lain. Silakan Anda cari saja di internet tentang jenis-jenis iklan yang biasa dipasang di blog. Namun dari sekian banyak iklan yang paling menjanjikan adalah Iklan Sponsor. Iklan Sponsor ini merupakan iklan yang paling besar penghasilannya. Karena penghasilan dari iklan tidak dibagi-bagi lagi langsung dibayar dari pengiklan kepada kita. Tapi itu dia untuk mendapat dan dipercayai sebagai publisher Iklan Sponsor ini sangat sulit. Karena tentunya pihak pengiklan akan melihat blognya dulu sebelum dia percaya untuk memasang iklannya.

Sumber Tulisan :
Meraih Sukses dengan Blog Gratisan
Hendy is offline   Reply With Quote
Sponsored Links