View Single Post
Old 2nd August 2015, 09:39 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Perjuangan Asas Resiprokal Mulai Membuahkan Hasil

Quote:
JAKARTA - Keberhasilan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) membuka cabangnya di Singapura pada Rabu 29 Juli lalu mendapat tanggapan positif dari anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait.

Hal ini membuktikan, asas resiprokal (kesetaraan) yang selama ini diperjuangkan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai membuahkan hasil.

Selama ini perbankan asal Indonesia kesulitan untuk bisa berekspansi ke luar negeri khususnya di negara-negara ASEAN, sebaliknya bank-bank asing bisa dengan mudah mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait mengatakan, hal ini merupakan prestasi yang konkret dan terukur dari pemerintah, OJK, maupun BRI sendiri. Hal ini bisa menjadi awal bagi bank nasional untuk menembus pasar global khususnya di ASEAN.

"Saya harap, setelah pembukaan cabang BRI di Singapura ini bisa diikuti bank BUMN lain untuk melakukan hal yang sama khususnya di ASEAN," ujar Pria yang akrab disapa Ara itu, seperti dikutip dari siaran pers, Jakarta, Sabtu (1/8/2015).

Dia mengatakan, selama ini aturan perbankan Indonesia dinilai lebih terbuka, sehingga memudahkan perbankan asing masuk ke Indonesia. Perbankan asing diberi kelonggaran perijinan untuk membuka cabangnya di Indonesia.

"Akibatnya, banyak bank asing bisa membuka cabang, bukan hanya di kota, bahkan sampai kecamatan di Indonesia, dan bahkan lagi diberi perijinan hingga masuk ke sektor mikro," ucapnya.

Di saat yang sama, perbankan Indonesia selalu dibuat kesulitan untuk bisa memasuki pasar luar negeri. Terlalu banyak persyaratan yang rumit yang harus dipenuhi perbankan Indonesia, jika hendak melakukan ekspansi cabang di luar negeri khususnya ASEAN.

"Prinsip kemudahan yang sama seperti diberlakukan di Indonesia, ternyata bukan hal mudah untuk perbankan Indonesia yang hendak berekspansi," ungkapnya.

Oleh karena itu, Indonesia berjuang agar asas resiprokal atau asas kesetaraan di bidang perbankan benar-benar terwujud. Dan hasil ini, akhirnya BRI bisa membuka cabang di Singapura. ‎

"Ini sejarah baru yang dibuat OJK. Saya juga dengar akan dibuka juga cabang bank BUMN di Malaysia dan Korea. Bagi saya, ini hal positif dilakukan OJK sebagai regulator perbankan di Indonesia," tuturnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links