View Single Post
Old 3rd August 2015, 08:57 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pemerintah Harus Miliki Dana Stabilisasi Harga BBM

Quote:
JAKARTA - Pemerintah harus mengambil peran dalam menata dan menstabilkan harga energi di dalam negeri. Sebab, harga bahan bakar minyak (BBM) Premium yang ditetapkan pemerintah saat ini dinilai membawa konsekuensi Pertamina yang mengalami kerugian yang tercatat sejak Januari hingga Juni 2015 sebesar Rp12,2 triliun.
Pengamat Ekonomi dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamudin Daeng, banyak negara di dunia membuat skema yang tidak melanggar komitmen perdagangan bebas secara internasional dalam menjaga stabilitas harga BBM dengan memberikan dana stabilisasi harga.

Karenanya, dia menilai Indonesia seharusnya memiliki dana stabilisasi bersumber dari APBN yang dikelola oleh pemerintah. Dana ini digunakan untuk menutupi kerugian perusahaan minyak yang ditugaskan pemerintah akibat fluktuasi harga yang tidak wajar seperti sekarang ini.

"Dana stabilisasi disalurkan pada saat harga minyak mentah atau nilai tukar yang mengalami lonjakan secara tidak wajar yang menyebabkan Pertamina merugi. Jika harga normal dan cenderung wajar maka dana tersebut tetap utuh di tangan pemerintah," jelas dia.

Menurutnya, ada beberapa model dana stabilitas, seperti Norway's State Petrolium Fund, State Of Alaska's Constitutional Budget Fund and Permanen Fund, Kwait General Reserve Fund and Reserve Fund For Future Generation, Oman's State General Reserve Fund and Contigency Fund dan berbagai negara lainnya.

"Dana tersebut dijadikan sebagai strategi mereka menjaga stabilitas harga," tukas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links