View Single Post
Old 4th August 2015, 08:11 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Negara-Negara Timur Tengah Bidik Sektor Perikanan Indonesia

Quote:
JAKARTA - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan, selain negara Amerika Serikat, beberapa negara di Timur Tengah kini telah membidik pasar perikanan di Indonesia, terutama dari perairan Sulawesi.
"Negara-negara Timur Tengah pun sekarang sedang membidik ikan dari Sulawesi," ucapnya saat ditemui di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Menurut Gobel, hal tersebut terjadi disebabkan oleh adanya pembebasan bea masuk yang diberikan oleh Amerika Serikat kepada Indonesia.

Lebih jauh Gobel mengemukakan, Timur Tengah kini telah mulai kekurangan pasokan akibat beberapa negara tetangga yang berdekatan dengan Indonesia sudah mulai kehilangan pasokan seiring pemerintah dalam memerangi illegal fishing di wilayah perairan Indonesia.

"Karena pasokan mereka yang sebelumnya banyak dari negara tetangga Indonesia sudah mulai hilang karena kita tegas memberantas illegal fishing," sebut dia.

Oleh karena itu, dia mengharapkan agar pemerintah Indonesia dapat segera memanfaatkan pembebasan bea masuk yang diberikan pemerintah Amerika Serikat (AS).

"Saya juga sudah minta untuk mempercepat penetapan wajib SNI," pungkas Gobel.

Sekadar informasi, pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pada 29 Juni lalu telah memperbaharui dan memperpanjang skema khusus bernama Generalized System of Preference (GSP) yang sempat terhenti pada 2013.

GSP merupakan skema khusus dan tidak semua negara-negara maju mendapatkan fasilitas ini. Skema ini menawarkan perlakuan istimewa non-timbal balik seperti tarif rendah atau nol kepada impor produk yang berasal dari negara-negara berkembang. Skema GSP ini sendiri mulai berlaku mulai hari ini, 29 Juli 2015 hingga 31 Desember 2017.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links