View Single Post
Old 4th August 2015, 08:13 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tahun Depan, Proses Dwelling Time Secara Online

Quote:
JAKARTA - Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) RJ Lino menyatakan, rapat tertutup yang digelar sore hingga malam hari ini di Kantor Koordinator bidang Perekonomian terkait proses waktu bongkar muat (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, akan ada perubahan total dari sistem dwelling time saat ini.
Lino memaparkan, sebagai pengelola Pelabuhan Tanjung Priok, pihaknya akan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan dalam mempercepat proses dwelling time.

"Jadi pertama akan diusahakan sebanyak mungkin dokumen-dokumen itu bisa diserahkan sebelum kapal masuk, kemudian ada share risk assesment supaya kalau terkait share dengan bea cukai karena share risk assesment-nya sudah bagus, jalur di bea cukai sama dengan jalur yang lainnya, kemudian aturan berlapis di Kemendag dan sebagainya itu nanti distreamline sehingga bisa bantu itu semua," terang Lino, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Lino menambahkan, pada dasarnya rencana jangka panjang pemerintah dalam mempercepat proses izin impor maupun ekspor agar dwelling time lebih cepat yakni dengan menggunakan sistem online.

"Itu nanti itu yang tadi short term, long term-nya nanti online semua, kalau online semua ada KPI-nya, karena yang mutusin enggak bisa satu orang, kalau orang di Priok enggak bisa mutusin, dia harus ke dirjennya juga enggak gitu caranya," paparnya.

Menurut Lino, untuk menerapkan sistem online ini dibutuhkan waktu sekira satu tahun, karena membutuhkan pematangan yang cukup konkret.

"Butuh satu tahun lah, kira-kira akhir tahun depan lah. Karena banyak sekali kerjaan, jadi masuk sistem itu nyambung, kalau sekarang kan masih sendiri-sendiri semua," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links