View Single Post
Old 4th August 2015, 08:15 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tips Pengelolaan Keuangan untuk Masa Paceklik

Quote:
Salah satu penyebab masalah pada keuangan Anda adalah tidak ada pengelolaan keuangan yang baik. Bila Anda tidak merencanakan dan mengatur pengeluaran maupun pemasukan, maka masalah besar akan mengancam di akhir bulan. Dan, hal ini tidak hanya harus dilakukan oleh para pekerja aktif. Anda yang tengah mengalami masa paceklik akibat PHK atau yang lainnya, pengelolaan keuangan sangat amat dibutuhkan.
Anda yang saat ini sudah tidak mempunyai pemasukan tetap, membutuhkan perencanaan yang sangat matang. Tanpa adanya rencana yang matang, hidup Anda akan hancur. Berikut beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan keuangan, saat menganggur.

1. Utang

Utang mungkin bukan lagi menjadi hal asing bagi Anda yang tidak mempunyai pekerjaan. Namun, utang dapat memberikan Anda beban keuangan yang lebih berat. Hal ini dapat menjadi sangat buruk, bila sebelumnya Anda mempunyai pekerjaan dan mengambil beberapa kredit untuk rumah, mobil, atau barang lainnya.

Saat Anda tidak lagi mempunyai pekerjaan, langkah pertama untuk menurunkan beban utang adalah meminta keringanan kepada pemberi utang. Mungkin, untuk kredit rumah atau sejenisnya, Anda dapat meminta kepada bank yang mengeluarkan pinjaman tersebut. Anda dapat meminta penurunan jumlah angsuran atau memperpanjang tenor utang hingga kembali mendapatkan pekerjaan.

2. Stop Menggunakan Kartu Kredit Sampai Keuangan Pulih!

Jangan lagi menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Mungkin saat masih mempunyai penghasilan, Anda dapat memasukkan penggunaan kartu kredit dalam pengelolaan keuangan. Namun ketika kehilangan pekerjaan, Anda akan lebih aman menggunakan uang tunai. Anda bahkan dapat menghentikan layanan kartu kredit dan tidak menggunakannya sama sekali.

3. Atur Pengeluaran

Rencanakan pengeluaran, sehingga apa yang Anda beli hanyalah barang atau produk yang benar-benar dibutuhkan. Atau cara mudahnya, utamakan kebutuhan pokok Anda, seperti makan dan kesehatan.

Kebutuhan lain yang hanya dibeli untuk kesenangan atau kebutuhan bersantai, lebih baik dihilangkan. Uang Anda akan sangat terbatas saat Anda kehilangan pekerjaan. Jadi gunakanlah untuk hal-hal yang sangat penting saja.

4. Cari Pendapatan Tambahan

Anda juga dapat mulai memikirkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama mencari pekerjaan yang baru. Saat ini sudah ada banyak kesempatan untuk menjadi pekerja lepas atau melakukan pekerjaan sampingan, khususnya di dunia maya. Anda dapat mencoba cara ini agar keuangan tetap stabil dan dapat digunakan untuk menyambung hidup.

Inti paling penting dari empat cara pengelolaan keuangan saat menganggur adalah gaya hidup Anda. Ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sederhana. Dengan cara inilah, Anda akan dapat menghemat banyak pengeluaran dan tidak mendapatkan masalah keuangan sama sekali.
Halo Money.co.id
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links