View Single Post
Old 4th August 2015, 08:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bea Cukai Tak Boleh Anggap Semua Importir Jahat

Quote:
JAKARTA - Permasalahan lamanya dwelling time (waktu bongkar muat) di Pelabuhan tidak lepas dari peranan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai. Pasalnya, proses pemeriksaan para importir oleh Bea Cukai masih dianggap lambat dikarenakan kehati-hatian Lembaga tersebut.
Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan, perlu ada perubahan terhadap skema impor di Indonesia. Khususnya terkait dengan dwelling time di pelabuhan.

"Skema ini harus diubah. Kalau Bea Cukai menganggap semua importir itu jahat, jadi prosesnya lama," ujar Zaldy saat dihubungi Okezone, Jakarta, Minggu (2/8/2015).

Namun, tidak hanya Bea Cukai yang disebut Zaldy perlu berbenah diri. Pemerintah juga dianggap perlu memberikan wewenang lebih kepada operator pelabuhan.

"Otoritas pelabuhan itu harusnya punya wewenang lebih untuk mengatur lembaga lain terkait dwelling time ini," ujarnya.

Selain itu, dia menganggap perlu ada pengalihan arus beberapa barang impor khususnya barang kebutuhan pokok yang masih dapat disuplai di dalam negeri. Sebab, infrastruktur Tanjung Priok saat ini masih sangat terbatas.

"Lebih baik lalu lintas ini di lempar di luar Jawa kayak di Sorong dan Bitung. Sehingga pengawasannya lebih cepat. Suap-suap juga bisa diminimalisir," kata dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links