View Single Post
Old 5th August 2015, 08:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tips Hemat Uang dari Miliarder

Quote:
JAKARTA – Tips menghemat uang mungkin sudah biasa. Namun bagaimana jika tips tersebut berasal dari miliarder? Mungkin layak didengarkan.

Istilah hemat pangkal kaya, memang bukan isapan jempol belaka. Banyak miliarder yang mampu menerapkan penghematan dan terbukti mampu menambah kekayaannya.

Berikut ini, tips menghemat uang dari miliarder yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman Ilifehack, Rabu (5/8/2015).

1. Bayar diri Anda terlebih dahulu

Apa yang Anda lakukan pertama kali ketika menerima gaji, menghabiskan dan membiarkan sisanya menjadi tabungan? Atau apakah menyimpan sebelum menghabiskan? Jika Anda menghabiskan, mungkin itu salah satu alasan Anda mengalami kesulitan menyimpan uang.

Untuk itu, Anda perlu menyimpan uang tersebut sebelum habis. Anda harus membayar diri Anda terlebih dahulu sebelum Anda membayar tagihan atau membeli sesuatu yang dibutuhkan.

“Bayar” diri Anda maksudnya, setidaknya Anda harus memiliki uang yang disimpan setiap bulan. Anda dapat menyimpan setidaknya 10 persen dari pendapatan bulanan dan menggunakan 90 persen sisanya untuk menutupi biaya bulanan.

2. Rumah sederhana

Miliarder mampu untuk hidup di rumah-rumah mewah yang paling mahal sekalipun, seperti rumah mewah pendiri Microsoft, Bill Gates yang memiliki luas 66 ribu kaki persegi senilai USD147,5 juta di Madinah, Washington. Namun, miliarder lain seperti Warren Buffet memilih untuk tetap sederhana.

Buffet masih tinggal di rumah yang hanya memiliki lima kamar tidur di Omaha, yang dibelinya pada 1957 seharga USD31.500. Demikian juga dengan miliarder lain seperti Carlos Slim yang tinggal di rumahnya selama lebih dari 40 tahun.

3. Gunakan transportasi umum

Miliarder seperti John Caudwell, David Cheriton, dan Chuck Feeney memilih untuk berjalan, menggunakan sepeda atau menggunakan transportasi umum ketika beraktivitas. Tentu saja mereka mampu untuk membeli helikopter hanya mengantarkannya untuk sekedar makan siang atau naik mobil yang dikemudikan sopir, tetapi mereka memilih untuk berolahraga dan memanfaatkan transportasi umum sebagai gantinya.

4. Hemat biaya potong rambut

Rata-rata biaya potong rambut di salon sekira USD45 atau USD800 untuk potongan rambut yang sesuai dengan gaya. Para miliarder tentu mampu membayar lebih, jika ingin memotong rambut, namun tidak semua miliarder melakukan hal tersebut. Miliarder seperti John Caudwell dan David Cheriton memilih untuk memotong rambut sendiri di rumah.

5. Beli pakaian yang layak

Beberapa orang mengenakan pakaian dan sepatu dari desainer ternama, namun ada miliarder yang memutuskan untuk membeli pakaian biasa-biasa. Seperti profesor dari Stanford David Cheriton yang memiliki investasi di Google, dirinya hanya memakai celana jeans dan baju kaos.

Sementara itu, pendiri perusahaan furnitur Ikea, Ingvar Kamprad menghindari memakai jas, dan miliarder John Caudwell membeli pakaiannya tanpa harus menghabiskan hartanya.

6. Hindari barang-barang mewah

Orang terkaya di dunia seperti Carlos Slim, bisa menghabiskan lebih dari USD1.000 per menit, bahkan kekayaannya tidak akan habis hingga 100 tahun. Dirinya tidak memiliki pesawat. Banyak miliarder lainnya memilih untuk tidak memiliki barang-barang mewah tersebut. Miliarder Warren Buffet juga menghindari barang-barang mewah yang berlimpah.

7. Memiliki anggaran

Miliarder tahu bahwa memiliki anggaran penting bagi mereka untuk mengatur keuangannya dengan baik dan mencari tahu di mana uang mereka akan digunakan. Mereka juga memastikan dan memanfaatkan uang mereka dengan baik dan tidak membuang-buang pekerjaannya.

8. Memiliki skor kredit yang baik

Miliarder tidak suka meminjam uang, kecuali sesuatu yang mereka perlukan dan bermanfaat, seperti memulai bisnis atau memperluas bisnis, mereka tidak akan mengajukan pinjaman.

Itu salah satu cara mereka bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah, karena mereka memiliki skor kredit yang tinggi yang membuat mereka memiliki risiko rendah untuk berinvestasi.

9. Memiliki portfolio investasi sendiri

Miliarder menginvestasikan uangnya. Mereka tahu bahwa memiliki tabungan untuk mengembangkan uang yang disimpan bukan keputusan yang cerdas. Mereka memilih untuk menjadi investor, karena miliarder tahu bahwa hal itu merupakan cara terbaik untuk mengembangkan kekayaan mereka dari waktu ke waktu.

Investasi juga merupakan salah satu alasan miliarder tidak perlu bekerja keras selama bertahun-tahun, dan bisa pensiun dengan nyaman tanpa ada kekhawatiran tentang keuangannya. Miliarder tahu bagaimana menghargai uang dan menggunakannya dengan benar.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links