View Single Post
Old 5th August 2015, 12:34 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2443
Posts: 597
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat Ginjal adalah salah satu organ urama dalam tubuh kita yang berperang sebagai metabolik tubuh, Ginjal dalam sistem saluran kemih dan beberapa dalam tuubh sebagai filter alami darah. Ginjal menghilangkan limbah yang tidak diinginkan dan kelebihan cairan dalam tubuh, dan ginjal juga menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah.
Maslah kesehatan ginjal menjadi salah satu masalah yang perlu semakin diperhatikan sekarang ini, mengingat daftar berbagai masalah penyakit ginjal di negara ini yang semakin memprihatinkan sehingga perhatikan pada organ ginjal yang harus semakin diperhatikan.
Dibawah ini merupakan tips untuk menjaga ginjal agar tetap sehat :
  • Olahraga Olahraga merupakan salah satu kebiasaan sehat yang harus rutin dilakukan, selain itu dengan berolahraga resiko seseorang menderita penyakit ginjal bisa diturunkan karena ketika berolahraga dapat mengubah cara tubuh dalam menangani nutrisi dan cairan yang berpengaruh pada ginjal. Pada saat berolahraga keringat yang keluar dari tubuh lebih banyak dan seseorang akan cenderung minum air putih lebih banyak sehingga dapat emncegah dari terbentuknya batu ginjal.
  • Tes medis Tes medis perlu dilakukan dengan rutin apabila anda telah berusia lebih dari 30 tahun, Anda bisa mengkonsultasikan berbagai maslaah kesehatan terutama untuk memastikan bahwa ginjal anda tetap dalam keadaan sehat, Selain itu riwayat penyakit ginjal pada keluarga juga harus diperhatikan.
  • Kontrol diet Anda harus bisa mengontrol diet dengan cara tidak mengkonsumsi makanan yang menggunakan pengawet dan juga makanan kemasan yang mungkin juka dikonsumsi dalam jangka panjang akan mengakibatkan masalah pada kesehatan anda termasuk pada fungsi ginjal.
Baca juga : Pengertian Ginjal Rusak
  • Berhenti merokok merokok merupakan hal yang wajib dihindari agar tubuh tetap sehat bahkan merokok juga dapat mengganggu fungsi ginjal, Apablia seseorang merokok maka aliran darah yang menuju berbagai organ dalam tubuh akan menjadi lambat dan apabila sudah menderita penyakit ginjal maka fungsi ginjal akan semakin memburuk.
  • Menjaga tekanan darah Kerusakan ginjal juga bisa diakibatkan oleh adanya hipertensi atau tekanan darah tinggi, Hipertensi dapat mengakibatkan organ jantung bekerja lebih keras dari biasanya dan dalam jangka waktu yang cukup panjang bisa mengakibatkan rusaknya pembuluh darah yang ada pada tubuh. Jika pembuluh darah yang rusak adalah pembuluh darah pada bagian organ ginjal maka ginjal akan terganggu fungsinya.
  • Minum air putih Agar ginjal dapat berfungsi dengan baik jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya, Dengan mengkonsumsi air yang cukup setiap harinya maka fungsi ginjal akan lebih terjaga dari terjadinya berbagai penumpukan sisa metabolisme yang bisa mengakibatkan munculnya batu ginjal.
  • Menjaga gula darah Kadar gula juga harus tetap dijaga agar tidak membuat fungsi ginjal bekerja lebih berat, Bila fungsi ginjal terganggu maka ginjal tidak akan menjalankan fugnsinya dengan optimal. Gula darah harus terkontrol karena jika gula darah dalam tubuh terlalu tinggi maka akan berakibat ginjal menyaring terlalu banyak darah sehingga jika terus terjadi fungsi ginjal akan mengalami penurunan dan terjadi kebocoran pada saringan yang berada pada ginajl tersebut.
  • Makanan sehat Cara menjaga kesehatan ginjal yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat, Hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan gula secara berlebihan. Cobalah membiasakan diri untuk selalu emgnkonsumsi buah dan sayur karena kedua sumber makanan tersebut memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan ginjal beserta organ lainnya.
  • Hindari makan asin Rasa asin yang dikandung oleh makanan tertentu akan membuat ginjal anda tidak dapat bekerja secara maksimal, Oleh karena itu baiknya anda mengkonsumsi makanan yang rasa asinnya pas di lidah dengan begitu kita akan selalu terhindar dari bahaya penyakit ginjal.
astianisa is offline   Reply With Quote
Sponsored Links