View Single Post
Old 6th August 2015, 06:43 PM   #1
Ketua RT
 
Join Date: 6 Aug 2015
Userid: 4166
Posts: 96
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default temulawak untuk mengobati penyakit

Manfaat Temulawak dan Nutrisinya untuk Kesehatan Tubuh. Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman rimpang. Manfaat temulawak sangat banyak sekali terutama kandungan nutrisinya yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Nama lain dari temulawak adalah Curcuma Xanthorriza ROXB atau curcuma javanica. Tanaman temulawak banyak ditemukan di Indonesia dan yang dimanfaatkan adalah bagian rimpangnya dan biasanya dipakai untuk jamu.
Rimpang temulawak banyak mengandung zat tepung, kurkumin dan minyak atsiri, yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja ginjal serta sebagai anti inflamasi.

Selain itu, temulawak juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat kasar dan mineral (kalium, natrium, magnesium, zat besi dan mangan). Karena banyak mengandung zat yang baik untuk kesehatan, sebagian besar orang Indonesia memanfaatkan tanaman temulawak sebagai obat tradisional.

Untuk lebih jelas mengenai manfaat temulawak yang baik untuk kesehatan adalah sebagai berikut.
Temulawak dipercaya dapat melancarkan ASI dengan cara 20 gram rimpang temulawak dicuci kemudian diparut, hasil parutan diperas dan disaring kemudian direbus sampai mendidih, setelah didinginkan, campurkan dengan 2 sendok makan madu kemudian diaduk rata lalu diminum pagi dan sore hari.
Temulawak dipercaya sebagai antioksidan yang mampu memelihara kesehatan tubuh serta mampu mengatasi radikal bebas yang menyerang tubuh.
Temulawak dapat menurunkan lemak darah dengan adanya kandungan kurkuminoid di dalam temulawak. Dan juga pada fraksi kurkuminoid mampu menurunkan trigliserida, kadar kolesterol total serta mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
Temulawak juga dapat merangsang nafsu makan disebabkan oleh adanya efek dari minyak atsiri yang memiliki sifat karminativum.
Manfaat temulawak memiliki kemampuan menjaga kesehatan fungsi hati dikarenakan dalam temulawak mengandung kalagoga yang berfungsi untuk mengatur produksi cairan empedu dalam hati serta merangsang pengosongan kandung empedu.
Temulawak juga dipercaya dapat menyembuhkan nyeri haid.
Temulawak memiliki kemampuan mengobati jerawat.
Manfaat temulawak dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah karena dalam temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi menghambat pembentukan tromboksan B-2 yang merupakan senyawa yang memiliki fungsi sebagai penggumpal darah.
Temulawak bermanfaat untuk mengurangi radang sendi serta nyeri, hal tersebut dikarenakan adanya kandungan kurkumin sebagai antiradang yang dapat mengurangi nyeri serta radang sendi.
Khasiat temulawak juga memiliki kemampuan mamperbaiki fungsi pencernaan. Dengan adanya serbuk rimpang temulawak yang mampu meningkatkan aktivitas cairan yang ada di dalam lambung yang dapat membantu proses metabolisme pencernaan serta mengurangi kontraksi pada usus halus.

link lain:
obat ejakulasi dini dr boyke
cara mengatasi ejakulasi dini
kasur orthopedi kesehatan tulang belakang
kasur kesehatan tulang belakang
obat ejakulasi dini
obat foredi gel
obat foredi
harga foredi gel
harga foredi
harga kasur kesehatan tulang belakang
obat impotensi
obat ejakulasi
harga fiforlif
harga ladyfem
harga foredi
harga gasa
harga kasur kesehatan
harga kasur
jual kasur kesehatan
jual kasur

Demikian beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh kita. Dan dalam pemakaian disarankan tidak terlalu berlebihan mengkonsumsinya.
biru is offline   Reply With Quote
Sponsored Links