Thread: Batu Akik Bacan
View Single Post
Old 7th August 2015, 03:27 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 30 Oct 2014
Userid: 2756
Location: Jakarta
Posts: 160
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Batu Akik Bacan

Merupakan salah satu batu akik primadona dan merupakan yang paling diminati serta diburu oleh mereka para kolektor batu akik. Mereka rela merogoh dompet agak dalam demi tercapainya impian mereka untuk memperoleh batu yang merupakan salah satu idaman mereka.

Jenis-Jenis Batu Akik Bacan

Jenis batu akik bacan yang sering ditemukan diperjual belikan di pasaran adalah sebagai berikut:

1. Batu Akik Bacan Doko
Batu bacan jenis doko biasanya mempunyai warna hijau bening hingga hijau tua atau hijau cincau berasal dari Desa Doko Kasiruta Barat.


2. Batu Akik Bacan Palamea
Jenis palamea berwarna hijau muda agak sedikit kebiruan berasal dari desa Palamea, Kedua jenis batu ini memiliki tingkat kekerasan 7,5 skala Mohs bahkan dikatakan lebih keras dari batu giok.


3. Batu Akik Bacan Obi
Warna jenis Bacan Obi ada beberapa diantaranya Bacan Obi Kuning, Merah, Putih, Putih Susu, Ungu, Coklat, Teh. Jenis batu ini ditemukan di Pulau Obi, walaupun batu ini berasal dari wilayah yang sama yaitu dari Halmahera Utara, namun jenis bacan obi tidak bisa bermetamorfose seperti Batu Akik Bacan Doko maupun Palamea, sehingga agak kurang tenar namanya.


Harga Batu Akik Bacan
Di Pasaran jenis batu akik bacan ukuran mini sampai dengan sedang dijual dengan harga di kisaran 500 ribu sampai dengan dua juta rupiah biasanya untuk komsumsi para orang kantoran dan pejabat, sedangkan untuk ukuran sedang sampai dengan big size dipasarkan dikisaran 2 juta hingga ratusan juta rupiah, bahkan ada beberapa kolektor yang memiliki jenis batu bacan doko kristal berbentuk liontin ditawarkan dengan harga lebih kurang 800 juta rupiah.

Perbedaan harga yang sangat signifikan pada umumnya disebabkan faktor kristalisasi dimana batu tersebut akan semakin mahal harganya jika warna hitamnya sudah hilang sama sekali, sebuah penawaran harga yang fenomenal dan sangat fantastis.

Khasiat Batu Akik Bacan
Kononnya menurut cerita masyarakat setempat khasiat batu bacan dipercaya mengandung energi alam yang terkandung serta tersimpan secara alami dalam batu tersebut yang akan membawa kemakmuran dan kemandirian, memancarkan pesona kharismatik, memberikan kesehatan jiwa atau psikis, ketenanangan dan meningkatkan daya ingat ketajaman otak saat berfikir, namun semuanya terpulang kepada pemakainya, jika umat muslim harus percaya bahwa segala sesuatu kekuatan di muka bumi ini adalah merupakan kehendak dari Allah S.W.T

Sumber: Batu Akik Bacan Keindahannya Terpancar sampai Mancanegara
ferryrinaldi is offline   Reply With Quote
Sponsored Links