View Single Post
Old 7th August 2015, 08:29 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Waduk Jatigede Digenangi Air pada 31 Agustus

Quote:
JAKARTA - Proses penggenangan atau pengisian air Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat direncanakan akan dilakukan pada 31 Agustus 2015. Rencana ini molor dari jadwal yang sebelumnya sudah ditentukan pada 1 Agustus 2015. Hal ini merupakan keputusan rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait Waduk Jatigede.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memaparkan alasan molornya penggenangan atau pengisian air Waduk Jatigede, hal ini dikarenakan masih harus ada proses ganti rugi kepada masyarakat sekitar yang terkena pembangunan Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat.

"Progresnya kenapa belum jadi 1 Agustus, sampai hari ini ada 10.924 Kepala Keluarga (KK), namun yang sudah diganti rugi total 5.606 KK," kata Basuki di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Kendati demikian, pemerintah akan terus mempercepat proses ganti rugi, lantaran sekira 400 KK per hari harus mendapatkan dana ganti rugi dan menyelesaikan kepindahannya. Target pada 31 Agustus 2015 waduk akan siap digenangi air.

"Kita prediksi 20 hari lagi bisa kita selesaikan. Untuk penggantian tanah dan bangunan serta tanaman tadi. Jadi paling lambat 31 Agustus," paparnya.

Nantinya, pengairan ini akan dilakukan secara bertahap dan akan terisi penuh dalam 219 hari kedepan.

"Penuh akan 219 hari, sehingga akan kita coba bertahap untuk segera isi waduk yang lebih dari 50 tahun direncanakan dibangun tersebut," imbuhnya.

Sementara itu, proses pemindahan situs yang tersisa, sejumlah 5 situs. Yaitu situs Cipeu'eut I, Cipeu'eut II, Cipeu'eut III, Astana Gede, dan Tanjung Sari pun akan dilakukan secara bersamaan.

"Situs sudah ditangani, mudah-mudahan bisa kita selesaikan segera," ujarnya.

Basuki menjelaskan, masih banyaknya yang belum menerima proses ganti rugi karena terkendala pada proses validasi data masyarakat.

"Karena misalnya ada individu yang sudah meninggal dunia dan harus dipindahkan ke ahli waris. Itu butuh waktu. Jadi penggantian registasi, data, validasi, ada yang sudah meninggal dan harus ahli waris," sambungnya.

Senada dengan Basuki, Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan menyebut, waduk ini akan mulai penggenangan 31 Agustus mendatang, dengan demikian masyarakat Jawa Barat ada kepastian waduk ini segera digenangi.

"1 Agustus tentu hak-hak masyarakat terpenuhi. Sebelum 31 Agustus terselesaikan hak ganti rugi dan santunan 10.000 lebih KK," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links