View Single Post
Old 7th August 2015, 03:52 PM   #1
Sek Des
 
SesaTalita's Avatar
 
Join Date: 31 Jul 2015
Userid: 4137
Posts: 247
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Susu Jadi Punya Rasa Buah, Ini Tahapan Prosesnya


Bagaimana sih susu yang kita minum ini sampai bisa jadi sesuatu yag layak minum untuk kita ? Tentu saja proses yang dilalui sangat panjang, hal tersebut ditujukan agar susu yang kita minum itu bersih dan memberikan rasa yang enak saat kita mengonsumsinya.

Nah kalau untuk susu yang memiliki varian rasa, ada prosesnya lagi, ini dia kutipannya ya :

Quote:
Higienitas
Proses higienitas ini sendiri mencakup banyak hal, dari mulai menjaga kebersihan alat pompa susu, menjaga kebersihan kandang, hingga menjaga kebersihan wadah penampungan susu dan lainnya. semua itu dilakukan untuk membuat sapi merasa nyaman, tidak stres hingga akhirnya sapi bisa menghasilkan susu yang berlimpah
Quote:
Pendinginan
Proses pendinginan ini sendiri sebenarnya diawali semenjak susu sudah masuk dalam penampungan susu pertama. Dalam proses pendinginan ini, susu akan dimasukkan dalam tangki pendingin susu yang dijaga dalam suhu sekitar 4 derajat selsius.

Setelah truk pengumpul susu datang ke pabrik, maka keseluruhan bagian tangki akan dibersihkan. Tidak hanya itu, tangki susu pun harus tetap steril dan tetap tertutup demi memastikan supaya susu masih dingin ketika akan melalui proses produksi.
Quote:
Pemanasan
Ada beberapa cara untuk memperpanjang masa simpan susu, di mana salah satunya adalah dengan cara pemanasan. Tujuan utama dari proses ini sendiri adalah menurunkan jumlah total sel mikroba serta spora supaya susu dapat disimpan dalam jangka waktu lama tanpa pendinginan.

Proses sterilisasi terbaik hingga saat ini adalah dengan menggunakan sistem Ultra High Temperature (UHT), di mana susu akan di panaskan dalam suhu yang sangat tinggi, dalam waktu yang sangat singkat. Dengan proses ini, maka susu akan lebih steril dengan kandungan gizi yang hampir sama dengan kandungan susu cair segar.
Quote:
Compounding
Compounding atau pencampuran basah merupakan proses pencampuran, di mana susu segar yang sudah di sterilisasi akan ditambahkan dengan minyak nabati dan ekstrak buah-buahan. Hingga proses ini, susu sudah bisa anda nikmati dengan rasa buah-buahan segar.
Nah supaya bisa sampai ke kita, tentu susu ini dikemas lagi, dan prosesnya masih ada lagi hingga bisa sampai ke kita melalui penjualan di pasar.

Begitulah kira-kira si proses susu ini kalau dari penjabaran sumbernya. Semoga menambah wawasan kita semua ya.

Sumber
SesaTalita is offline   Reply With Quote
Sponsored Links