View Single Post
Old 9th August 2015, 10:58 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kemarau Picu Kenaikan Harga Cabai Hingga Rp65 Ribu/Kg

Quote:
LAMPUNG - Musim kemarau yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir membuat harga cabai merah dan cabai rawit naik di Kabupaten Mesuji, Lampung.

"Saat ini harga cabai rawit mencapai Rp65 ribu per kilogram (kg). Padahal sepekan sebelumnya berkisar Rp49 ribu per kg," kata pedagang cabai di Pasar Simpang Pematang, Mesuji, Ijah (28), Sabtu (8/8/2015).

Ia menyebutkan, kenaikan harga cabai rawit juga diikuti dengan melonjaknya harga cabai merah keriting. Harga cabai merah keriting, lanjtnya, mencapai Rp35.000 per kg. Padahal sepekan lalu, harga cabai merah keriting sekitar Rp25.000 per kg.

Pasokan cabai dalam beberapa waktu terakhir, kata dia, sudah mulai berkurang karena banyak petani cabai yang tidak bisa panen.

"Banyak petani yang kesulitan menanam cabai karena terbatasnya air. Ada juga petani yang mengalami gagal panen, sehingga distribusinya ke pasaran berkurang," ujarnya.

Selain harga cabai, komoditas lainnya juga harganya naik seperti daging ayam potong.

Pedagang ayam potong di Pasar Simpang Pematang, Mesuji, Alek (34) mengatakan harga daging ayam potong naik sekitar Rp5 ribu.

"Harga ayam potong naik dari harga sebelumnya yang hanya Rp 27 ribu per kg, kini naik Rp5 ribu menjadi Rp32 ribu per kg. Saya tidak tahu, kenapa harga ayam potong malah naik," katanya.

Kemarau yang sudah berlangsung cukup lama tak hanya terjadi pada persoalan kesulitan air bersih dan mengeringnya lahan persawahan dan perkebunan. Kabupaten Mesuji, Lampung yang berbatasan dengan Sumatera Selatan, dampak kemarau dirasakan juga dengan naiknya harga cabai dan daging ayam.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links