View Single Post
Old 9th August 2015, 11:05 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Awal Bulan Gaji Sudah Sekarat? Atasi dengan Empat Cara

Quote:
JAKARTA - Berbicara soal gaji memang tidak ada habisnya. Namun pada dasarnya sebesar apapun gaji yang Anda kantongi tidak akan berpengaruh bila tidak dikelola dengan baik.
Executive Vice President, Head of Wealth Management and Business Strategy dari Commonwealth Bank Indonesia, Rian Kaslan, menyatakan, pendapatan bulanan harus diatur dengan baik sebelum tiba saatnya menerima gaji tiap bulan. Sebab banyak orang mudah terlena setiap kali tiba saatnya gajian, sehingga banyak melakukan pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

Jika Anda kesulitan mengatur strategi pengelolaan keuangan, berikut ini empat tips pintar mengelola keuangan agar gaji tak cepat sekarat setiap awal bulan, di Jakarta, Minggu (9/8/2015).

1. Sisihkan untuk tabungan

Jadikan menabung menjadi prioritas utama bagi Anda tiap bulannya. Besarnya persentase menabung setiap orang tentu berbeda-beda tergantung usia, status pernikahan hingga tanggungan anak. Idealnya 15 persen dari gaji setiap bulan, mengingat dalam satu dekade terakhir terjadi kenaikan harga barang yang cukup drastis di Indonesia.

2. Pilih kebutuhan daripada keinginan

Butuh atau ingin? Pernyataan ini sering kali terlupakan ketika hendak membeli suatu barang. Tak jarang hobi shopping yang Anda lakukan hanya memenuhi lemari. Supaya tak menyesal, ketika ingin membeli suatu barang saya sarankan untuk meminta pendapat dari orang terdekat Anda terlebih dahulu atau menunda membelinya dalam beberapa hari ke depan. Cara ini akan ampuh dalam membantu membantu Anda terhindar dari kebiasaan boros.

3. Buatlah anggaran belanja

Ingatlah selalu untuk tidak malas! Dengan menyusun anggaran belanja tiap bulan, Anda akan menyadari kebiasaan konsumtif yang biasa Anda lakukan. Oleh karena itu, catat semua pengeluaran rutin, yang mencakup anggaran primer (kebutuhan bulanan rumah tangga, tagihan air, listrik, uang transportasi dan sebagainya) dan anggaran tersier (shopping dan gaya hidup). Anggaran belanja akan mengajarkan Anda bagaimana Anda mengendalikan uang, bukan uang yang mengendalikan Anda.

4. Bunuh kebiasaan gengsi

Penampilan memang kadang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Akibatnya, pola pikir ini mempengaruhi Anda untuk membeli barang bermerek dan mahal demi menunjang penampilan. Jangan segan melepas gengsi itu dan membiasakan hidup sederhana.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links