View Single Post
Old 14th August 2015, 04:54 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 19 Apr 2015
Userid: 3684
Posts: 62
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Khasiat dan manfaat batu badar besi



Batu akik badar besi banyak ditemukan di daerah Brazil, Mexiko, Australia dan amerika yang mana dekat dengan wilayah pegunungan yang sering terjadi banjir lahar beratus-ratus tahun yang lalu. Batu ini juga di temukan di wilayah Indonesia.

Batu akik badar besi / Hematite disebut juga batu magnetsteen karena apabila di dekatkan dengan magnet batu ini akan tertarik dan menempel atau berputar-putar dan ada juga yang menolak dengan bergetar ditempat saja. Batu ini bisa mengeluarkan efek mengkilat seperti besi jika dogosok/ diasah.

Batu akik badar besi memiliki struktur kristal yang sama dengan batu corundum (ruby), selain terdapat di Bumi , batu sejenis yang memiliki unsur Hematite dengan kandungan Fe yang cukup dominan juga di temukan di Planet Mars. Bebatuan Hematite ini ditemukan berbentuk gunung dan bukan terpendam di bawah lapisan tanah seperti di planet Bumi

Pameran dan Bursa Batu Mulia Nusantara di halaman Kantor Kedaulatan Rakyat (KR) Jalan Margo Utomo, Yogya. Banyak stand pameran 'dibanjiri' pengunjung, satu di antaranya stand yang digawangi Ahmad, Meneng (Gendut) dan kawan-kawan. Di stand ini antara lain dapat menemukan jenis batu badar besi hitam dan batu fosil.

Kedua bahan ini dapat diproses menjadi batu akik, mata cincin, hiasan liontin serta asesoris lain. Khusus batu badar besi hitam bahkan dapat dijadikan piranti untuk terapi kesehatan. Batu yang bentuknya tipis-tipis, misalnya dapat sebagai pengganti uang koin, yakni untuk kerokan saat masuk angin. Terapi seperti ini diyakini dapat membantu meredam serangan masuk angin. Selain itu juga dapat digunakan untuk terapi spa, misalnya beberapa batu diletakkan pada bagian punggung.

“Sebelum digunakan untuk terapi spa, batu-batu terlebih dahulu direndam dalam air hangat yang sudah diberi garam,” jelas Ahmad.

Ditambahkan, terapi semacam ini diharapkan juga dapat berdampak bagus bagi kebugaran dan stamina badan. Dipadu dengan teknik pemijatan, antara lain bisa memperlancar aliran darah, musuh susah tidur, mengurangi kelelahan/pusing-pusing, memperkuat fungsi syaraf dan melawan otot-otot yang kaku sehabis olahraga/bekerja keras. Ketika batu badar besi hitam yang sudah bersih lalu direndam sebentar pada air hangat matang dan airnya diminum antara lain membantu meredam serangan maag.

“Batu semacam ini banyak diperoleh di aliran sungai dekat gunung berapi seperti dekat Gunung Merapi dan beberapa gunung di Jawa Barat dan Jawa Timur,” paparnya.

Selain itu batu badar besi hitam juga dapat dijadikan salah satu jenis batu yang dapat dikoleksi para penggemar batu antik. Jenis batu ini mempunyai keunikan tersendiri, antara lain karena memiliki unsur besi yang tinggi. Bahkan dinamakan dengan nama hematite atau magnetsteen, sebab memiliki kandungan besi tinggi dan ketika didekatkan dengan magnet akan bergerak menempel.

Selengkapnya : Batu Badar Besi
__________________
Batu Akik | Kode Pos
batuakik is offline   Reply With Quote
Sponsored Links