View Single Post
Old 14th August 2015, 05:11 PM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 19 Apr 2015
Userid: 3684
Posts: 62
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Ciri ciri Batu Mata Dewa Asli



Batu Mata Dewa adalah batu yang memilki motif yang berbeda dengan batu akik lainnya, Yang berbentuk seperti Mata di atasnya maka batu akik ini di sebut batu akik mata dewa. Nama yang di berikan ini bukan karena jenis batu tetapi dari karakteristik berupa mata di atas permukaan batu tersebut. Jika kita perhatikan, batu dengan motif mata dewa ini sangat unik. Batu Akik yang sering di temui pada umum nya terdapat pada jenis batu akik sulaiman. Jika kita mengunjungi tempat-tempat penjualan batu akik maka kita akan menjumpai batu jenis batu akik mata dewa dengan jenis dan varian yang berbeda-beda.

Harga batu akik bulu macan di pasaran terus melonjak naik. Ternyata, batu akik bulu macan "Mata Dewa" milik ketua DPRD Lumajang, Agus Wicaksono ditawar Rp 175 Juta.

"Punya saya ditawar segitu, karena memang sangat bagus," kata Agus wicaksono.

Lanjut dia, dirinya memiliki bulu macan dengan motif mata dewa berawal membeli dari temannya. Saat ditawarkan di online, ada yang menawar dengan datang langsung ke rumah. Beraninya membeli Rp. 175 juta. Tetapi, Agus meminta Rp 1 miliar.

"Batu akik bulu macan memang langka dan memiliki keunikan dalam motif yang bisa bergerak," jelasnya.

Agus juga berharap para kolektor tidak tertipu batu akik bulu macan palsu. Pasalnya, sudah beredar di kalangan pasaran batu akik yang mirip dengan bulu macan.

"Bulu macan palsu lebih berat dengan hitam yang sangat pekat, bila disentrong lampu tidak tembus," papar Agus

Jika kita ingin memilki ataupun membeli Batu Mata Dewa yang asli harus lah kita jeli dan mengetahui beberapa ciri-ciri Batu Mata Dewa Asli, berikut adalah beberapa ciri-ciri Batu Mata Dewa yang asli

1. Terasa Berat

Pada umumnya batu akik akan terasa berat meskipun kecil ukurannya. karena memilki kandungan-kandungan mineral.

2. Terasa dingin

Sebagai batu yang lahir dari alam, batu akik memiliki suhu yang dingin dan cepat dingin setelah terpapar panas. Anda coba tempelkan saja di pipi, jika terasa adem, maka batu akik tersebut asli.

3. Tahan Api

Sama hal nya dengan batu akik lain, batu mata dewa asli tidak akan mudah terbakar. Coba bakar pada bagian mata dewa nya. Jika asli maka bagian luarnya hanya mengeluarkan sejenis minyak yang akan hilang setelah di hapus. Sementara batu sintetis atau batu palsu akan meleleh atau meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang.

4. Muncul Percikan Api

Cara ini juga dapat di pakai untuk mengetes ke aslian batu yaitu dengan cara membenturkan antara akik yang satu dengan akik yang lainnya. Jika batu tersebut asli, maka akan keluar percikan api. Namun, tes ini harus di lakukan di tempat gelap agar percikan terlihat jelas.

5. Memiliki Serat

Ciri alami yang di miliki batu akik adalah serat yang terdapat di dalamnya. Serat inilah yang sukar di tiru. Anda dapat melihat serat ini dengan menggunakan kaca pembesar.

6. Motif terlihat alami

Khusus untuk batu mata dewa ini motif mata yang muncul di atasnya harus terlihat alami. Inilah yang menggambar kan bahwa batu mata dewa tersebut adalah asli.
__________________
Batu Akik | Kode Pos
batuakik is offline   Reply With Quote
Sponsored Links