View Single Post
Old 16th August 2015, 08:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Dikantong Pertamina Punya Uang Cash USD2 M

Quote:
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengevaluasi kembali kebutuhan pendanaan jangka panjang baru tahun ini. Hal ini dikarenakan kondisi kas perseroan yang kuat.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, harga minyak mentah yang terus menurun memang telah menyebabkan industri migas mengalami guncangan belakangan ini. Pembelian minyak mentah dan BBM yang menggunakan dolar AS, di sisi lain penjualan produk dalam bentuk rupiah sedikit banyak berpengaruh pada kinerja perseroan.

Namun, tuturnya, dengan tekanan tersebut kondisi kas Pertamina saat ini dalam kondisi yang kuat. Hal itu diindikasikan dari cash on hand konsolidasi perusahaan yang berada di atas USD2 miliar. Beberapa faktor penyebabnya antara lain, lebih baiknya hubungan dengan pemerintah dalam penyelesaian hutang-piutang, efisiensi perusahaan, dan inisiatif khusus seperti manajemen arus kas yang lebih ketat.

“Dengan kondisi cash on hand yang cukup, fasilitas kredit jangka pendek tidak banyak dipergunakan. Sistem pembelian crude dan produk melalui ISC juga berjalan dengan lebih baik, di mana beberapa pasokan yang semula menyaratkan L/C kini tidak diperlukan lagi. Kami juga memproyeksikan kebutuhan pendanaan jangka panjang baru kami evaluasi bahkan mungkin tidak lebih dari 15 persen dari perencanaan,” terang Wianda dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (15/8/2015)

Seperti diketahui, Pertamina membukukan kinerja yang positif pada semester I-2015. Selain pertumbuhan kinerja operasi, laba bersih perusahaan telah mencapai USD570 juta.

“Kami optimistis dapat mengejar pencapaian target laba bersih sebesar USD1,7 miliar hingga akhir tahun. Upaya efisiensi perusahaan juga terus dilanjutkan hingga target efisiensi sebesar USD500,42 juta tahun ini, di mana pada semester I-2015 realisasi efisiensi telah mencapai USD249,2 juta," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links