View Single Post
Old 17th August 2015, 10:07 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default RI Jangan Andalkan SDA, tapi Harus Pacu SDM

Quote:
JAKARTA - Pemerintah harus cepat melakukan transformasi yang selama ini hanya berbasis pada Sumber Daya Alam (SDA). Pasalnya, jika pemerintah tetap mengandalkan SDA akan sangat merugi saat harga komoditas menurun.

"Maka terjadi pelemahan pertumbuhan ekonomi seperti sekarang. Maka proses transformasi harus cepat dari resource base economic ke knowledge base economic. Lah ini membutuhkan prasyarat SDM yang secara pendidikan cerdas dan terampil," kata Staf Khusus Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Arif Budimanta di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (16/8/2015).

Arif menyebutkan, rata-rata masyarakat Indonesia saat ini hanya berpendidikan sampai kelas dua Sekolah Menengah Pertama (SMP). Padahal, pemerintah sendiri mewajibkan masyarakat belajar minimal 12 tahun.

Oleh karena itu, transformasi ke pendidikan sebagai penggerak perekonomian sudah sangat mendesak dilakukan oleh pemerintah. "Itu ditunjukkan politik anggaran untuk dana pendidikan. Di tahun 2016 angka Rp400 triliun. Dengan angka itu dan program kesejahteraan sosial. Tidak ada lagi alasan karena kurang mampu, yang tidak memiliki akses sekolah," tambahnya.

Lanjut Arif, dia mengungkapkan, jumlah anak yang tidak mencicipi bangku sekolah sekitar 10 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia. Meskipun saat ini tidak sedikit masyarakat berpendidikan Sekolah Dasar (SD) ada yang sudah bekerja.

"Kalau kita ingin meningkatkan daya saing ekonomi kuncinya adalah di faktor pendidikan. Kalau kita lihat level pendidikan kita hari ini, kita ada di level lima di wilayah ASEAN. Setelah Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei. Kalau ukurannya adalah daya saing," tandasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links