View Single Post
Old 18th August 2015, 09:44 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Hati-Hati, Bunga Kartu Kredit Bisa Capai 35%

Quote:
JAKARTA - Masih banyak orang yang menjadikan kartu kredit sebagai sumber penghasilan tambahan. Padahal fungsi aslinya adalah memfasilitasi utang.
Banyak yang tidak menyadari bahwa pembayaran kartu kredit akan disertai dengan biaya bunga. Alhasil, banyak terjadi masalah pada arus kas rumah tangga yang pada umumnya disebabkan oleh penggunaan kartu kredit yang tidak bijak.

Berdasarkan data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), saat ini ada sekitar 15,8 juta kartu kredit yang beredar di Indonesia. Apakah Anda salah satu pemilik kartu kredit? Apakah Anda sudah menggunakan kartu kredit Anda dengan bijak?

“Disiplin merupakan kunci utama untuk memperoleh manfaat maksimal dari kartu kredit Anda, termasuk dalam pembayaran tagihan. Pasalnya denda yang dikenakan cukup besar dan akan membebani saldo rekening Anda. Fasilitas kartu kredit memiliki bunga kredit yang relatif cukup tinggi dibanding kredit lainnya, di mana bisa mencapai 35,4 persen per tahun,” kata EVP, Head of Wealth Management and Business Strategy dari Commonwealth Bank Indonesia Rian Kaslan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Tahukah Anda bahwa tren kredit bermasalah (non-performing loan) dari kredit konsumsi di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun?

Dari 10,5 persen di 2011 dan terus meningkat menjadi 14,32 persen di akhir 2014. Nah, apa saja yang tergolong dalam kredit konsumsi? Kredit konsumsi yang ditawarkan institusi jasa finansial berupa kredit tanpa agunan (KTA), kartu kredit, dan kredit kendaraan bermotor.

Kartu kredit memang menawarkan banyak manfaat, salah satunya memudahkan transaksi. Namun, godaan bergaya hidup konsumtif semakin besar dan didukung dengan bermacam-macam metode pembayaran dan promosi yang ditawarkan, mulai dari bebas iuran tahunan, diskon belanjaan hingga penawaran kredit barang konsumsi hingga bunga cicilan nol persen.

Para pengguna kartu kredit kerap terjerumus dalam penggunaan gaya hidup yang berlebihan dan berakhir dengan setumpuk tagihan untuk dilunasi.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links