View Single Post
Old 18th August 2015, 09:49 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Beda dengan Orde Baru, Aliran Utang Sekarang Sulit Dilacak

Quote:
JAKARAT - Dana belanja modal yang berasal dari utang memang dialokasikan direncanakan untuk pembangunan infrastruktur. Namun, pada kenyataannya dana tersebut sulit terlacak, lantaran bergabung dengan dana lainnya.
Pengamat Ekonomi dari Indef, Eko Listiyanto, mengatakan saat ini utang pemerintah banyak didapat lewat obligasi. Dari penyerapan obligasi tersebut, masuk ke dalam satu rekening untuk kemudian dialokasikan ke banyak sektor.

"Memang uang yang didapat dari utang masuk ke belanja rutin dan infrastruktur, kalau utang selalu digunakan untuk belanja dan pembangunan. Kalau dulu (order baru) pembangunan untuk pembangunan, kalau sekarang satu rekening maka tidak terlihat," ucap Eko kala dihubungi Okezone, Selasa (18/8/2015).

Untuk melihat biaya yang dialokasikan ke pembangunan infrastruktur dari utang negara tersebut, maka harus dilihat dari output alokasi anggaran. "Belanja modal belum naik, tapi utangnya realitas tinggi. Berarti ada belanja masuk ke belanja rutin," ungkapnya.

Eko menambahkan, model-model semacam ini belum dikembangkan. Investor tidak memperhatikan dana tersebut apakah ke infrastruktur atau tidak. "Tapi yang penting (utangnya) dikembalikan," tukas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links