View Single Post
Old 20th August 2015, 08:43 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Dipanggil Jokowi, Rizal Ramli Diminta Bertemu PM Malaysia

Quote:
JAKARTA Usai sidang paripurna kabinet, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memanggil Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli guna membahas beberapa hal.
Salah satu topik pembicaraan adalah Jokowi meminta Rizal melakukan kunjungan kerja ke Malaysia untuk mengembangkan industri kelapa sawit (palm oil).

"Pertemuan itu membahas bagaimana kita bisa mempercepat perkembangan sektor riil. Tadi selain soal pariwisata, kami juga diminta oleh Presiden untuk ke Malaysia minggu depan ketemu dengan PM Najib," kata Rizal di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Rizal menambahkan, hal ini dilakukan karena Indonesia dengan Malaysia sama-sama memiliki produksi palm oil terbesar.

"Indonesia kan paling besar sekira 40 juta ton, Malaysia sekira 30 juta ton. Jadi kita ingin combine forces Malaysia sama Indonesia, supaya kita bisa dapat nilai tambah lebih besar dari palm oil," paparnya.

Karena itu, Pemerintah Indonesia berencana membangun pusat processing dari palm oil di wilayah Kalimantan Timur.

"Oil apa itu namanya di Kaltim. Jadi supaya dari Malaysia, Indonesia, kelapa sawit kita tidak hanya jual mentahnya palm oil tapi juga derivatifnya dari CPO, olio chemicals. Supaya kita bisa diproses buat sabun, bahan margarin dan yang paling penting untuk bahan bakar pesawat jet," imbuhnya.

"Itu ternyata kalau dari palm oil, bagus sekali. Kita ingin jadi pemain nomor satu dalam ekspor palm oil," sambungnya.

Tidak hanya itu, agar fokus dalam pengembangan industri palm oil di Kalimantan Timur, akan dibuat juga kawasan ekonomi khusus (KEK) di Kaltim.

"Nanti sawit dari Kaltim, dari Sumatera kita bawa situ, kita proses. Jadi kita tidak hanya jual minyak sawit doang tapi juga turunannya yang banyak sekali manfaatnya," ungkapnya.

Rencana ini akan disampaikan ke Negeri Jiran untuk dipaparkan agar dapat bergandengan mengembangkan industri palm oil.

"Tapi ini inisiatif besar. Oleh karena itu, kita ingin merangkul Malaysia. Presiden minta saya ketemu minggu depan dengan perdana menterinya. Kita akan sepakati beberapa hal yang strategis supaya proyek ini bisa jalan secepatnya," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links