View Single Post
Old 23rd August 2015, 08:14 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Beras Palu Banyak Diburu, Bulog Kesulitan Tambah Stok

Quote:
PALU - Peluang mencapai target penyerapan beras petani untuk memenuhi kebutuhan stok nasional dari Sulawesi Tengah pada musim panen raya kedua Oktober-November 2015 agak berat dibandingkan periode sebelumnya.
"Sekarang ini banyak pedagang dari luar daerah yang beli beras di Sulteng," kata Kepala Bulog setempat Mar'uf di Palu, Sabtu (22/8/2015).

Para pedagang luar, bahkan dari Jawa mematok harga pembelian berkisar Rp8.500 per kg, sementara Bulog membeli beras petani sesuai harga yang ditetapkan pemerintah pusat (HPP) yaitu Rp7.300 per kg.

Otomatis, Bulog tidak mungkin bisa membeli dengan kondisi harga seperti itu. Di sentra-sentra produksi pedagang luar daerah banyak berkeliaran membawa uang tunai dan membeli beras petani sesuai kualitasnya. "Ini yang menjadi tantangan Bulog untuk merealisasi target yang ditetapkan," jelasnya.

Bulog Sulteng sesuai target selama 2015 ini akan membeli 40 ribu ton dan realisasi sekarang sudah 23.500 ton. Jadi masih kekurangan 16.500 ton lagi. "Rasanya sulit untuk dapat dipenuhi jika harga beras di tingkat petani jauh di atas HPP," katanya menambahkan.

Mar'uf berharap harga beras akan turun sehingga Bulog bisa menyerap beras petani dengan standar HPP. Bulog Sulteng akan berusaha untuk membeli beras petani di penggilingan kecil yang ada di desa-desa.

Biasanya, penggilingan padi kecil-kecil tidak didatangi para pedagang dari luar daerah karena transportasi cukup mahal. "Ini peluang besar bagi Bulog untuk membeli," katanya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links