View Single Post
Old 23rd August 2015, 08:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jokowi Minta Alihkan Konsentrasi Listrik ke Panas Bumi

Quote:
PONTIANAK - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan potensi panas bumi Indonesia sangat besar mencapai sekira 29 ribu megawatt dan ramah lingkungan. Namun, hingga kini potensi tersebut tidak dimanfaatkan.
"Selama ini kita terkonsentrasi pada pembangkit listrik menggunakan batu bara. Oleh sebab itu, akan kami geser ke potensi kekuatan energi menggunakan energi panas bumi," kata Joko Widodo di Pontianak, Sabtu (22/8/2015).

Dia menjelaskan, pemerintah saat ini sedang melakukan kajian terkait menggunakan potensi energi panas bumi itu untuk dijadikan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Jokowi menambahkan, dengan tingginya potensi kekuatan energi panas bumi untuk dijadikan energi terbarukan, jika diperlukan dibentuk BUMN khusus yang mengelola sumber energi itu. Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo di Jakarta menyatakan potensi energi panas bumi harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Menurut dia, pemerintah saat ini memberikan perhatian khusus kepada energi baru dan terbarukan khususnya energi panas bumi, apalagi potensinya sangat besar mulai dari Sabang hingga Merauke.

Walaupun saat ini harga minyak bumi turun, tetapi tidak perlu dikhawatirkan oleh para investor yang menanamkan modalnya, karena bagaimanapun energi ini sekarang tidak lagi sebagai energi alternatif, tetapi sudah utama di tengah semakin tipisnya cadangan energi yang bersumber dari fosil seperti minyak bumi, katanya.

"Indonesia memiliki potensi baru dan terbarukan yang sangat besar dan kami yakin Indonesia bisa berdaulat energinya," tambahnya.

Presiden Joko Widodo juga mengatakan target membangun 35 ribu megawatt diyakini akan tercapai. Asalkan, menurut dia, seluruh unsur mulai dari pemerintah pusat hingga masyarakat bisa memanfaatkan potensi ini. Bahkan, Dia juga mengapresiasi kaum muda yang semakin peduli terhadap energi baru dan terbarukan.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links