View Single Post
Old 25th August 2015, 08:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Investasi Apa yang Cocok untuk Pria 55 Tahun?

Quote:
NAMA saya Zakir. Usia saya tahun ini mencapai 55 tahun. Apakah usia segini, saya masih pantas berinvestasi? Terima kasih

Jawaban:



Salam kenal, Pak Zakir.

Berinvestasi tidak mengenal batas umur, siapa pun bisa berinvestasi selama ada tujuan keuangan yang ingin dicapai. Mungkin lebih tepat pertanyaannya adalah: “Investasi apa yang sesuai dengan usia saya?”.

Di usia Bapak yang sudah matang dan akan memasuki masa pensiun, tentunya karakteristik investasi harus disesuaikan, karena jika saat ini Bapak adalah seorang karyawan, sebentar lagi penghasilan rutin yang akan berhenti diterima padahal kebutuhan hidup harus tetap berjalan. Untuk itu pilihlah investasi yang risikonya tidak terlalu tinggi, misalnya saham atau pasar modal, dan memilih investasi yang lebih aman meskipun return hasil yang diberikan tidak terlalu tinggi.

Untuk memulai investasi, Bapak bisa menggunakan sebagian tabungan atau dana pensiun yang diterima nanti. Sebelumnya, sisihkan dahulu untuk keperluan dana darurat dan kebutuhan hidup sehari-hari, baru sisanya digunakan untuk investasi. Jangan sampai seluruh dana pensiun yang diterima dimasukkan ke dalam investasi, karena jika hasilnya tidak sesuai dengan perkiraan, bias jadi Bapak akan kesulitan secara keuangan dan harus bekerja kembali. Ingat, masa pension masih panjang untuk dijalani dan memerlukan biaya pula.

Berikut beberapa saran untuk memulai investasi :

• Pilihi nvestasi yang mudah cair atau yang bias memberikan penghasilan rutin: Likuiditas adalah faktor yang cukup penting dalam mempertimbangkan pilihan investasi. Jika dimungkinkan pilih yang aman dan memberikan return di atas inflasi. Contohnya: Obligasi, logam mulia, reksa dana pasar uang. Jika Bapak memiliki properti selain rumah yang ditinggali, maka bias disewakan agar bias memberikan penghasilan rutin saat pensiun.

• Pahami jenis investasi yang Bapak pilih sebelum mulai berinvestasi. Jangan ragu untuk meminta tolong kepada rekan, keluarga atau ahli keuangan yang mengerti produk investasi tersebut. Tambah pula pengetahuan melalui buku-buku tentang investasi dan internet.

• Kerjasama modal: Jika Bapak ingin menginvestasikan dalam bentuk bisnis, cobalah bekerjasama dengan pihak lain dalam segi modal usaha dan manajemen. Dengan kerjasama ini maka beban Bapak akan berkurang, setidaknya jika bisnis tidak berjalan dengan baik maka risiko kerugian juga bias ditanggung bersama.

Selamat berinvestasi.

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi

Perencanaan Keuangan , Konsultasi Keuangan , Financial Planner

Website. www.mre.co.id, Portal/Artikel. Perencanaan Keuangan

Game Edukasi Perencanaan Keuangan. SMART Money Game
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi

Berita Terkini Konsultasi Personal Finance MRE - Kumpulan Berita Konsultasi Personal Finance MRE Terbaru Hari Ini
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links