View Single Post
Old 28th August 2015, 08:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Industri Kreatif Tak Lagi Andalkan Pemerintah

Quote:
JAKARTA - Pemerintah bernjanji mendorong perkembangan industri kreatif di seluruh daerah. Namun, hingga kini Pemerintah Daerah (Pemda) Pekalongan belum mengapresiasi apalagi memberikan dukungananya pada para perajin pekalongan.
Seniman asal Pekalongan, Dudung Alisah Bana, mengatakan belum ada tindakan nyata Pemda Pekalongan untuk memberikan dukungan. Padahal, Indonesia akan segera memasuki masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) alias pasar bebas.

"Mau didukung monggo, tidak didukung juga tidak apa-apa. Yang penting saya dan kerjaan lainnya jalan terus, saya sebagai anggota masyarakat (perajin) hanya menyajikan saja, perkara dia (Pemda) diapresiapsi pemerintah atau tidak itu buka urusan," kata dia kepada Okezone.

Menurutnya, perajin industri kreatif di Indonesia tidak lagi mengandalakan campur tanggan pemerintah. Harus bisa kreatif dan madiri sendiri. Terlebih, karya Indonesia akan dihadapkan dengan persaingan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Saya rasa perajin Indonesia harus seperti itu, tidak mengandalkan uluran tanggan pemerintah. Kita sudah madiri, sudah kreatif. Apalagi kita mau MEA harus bisa mandiri dan fight nanti kedepannya,"ujarnya.

Menurutnya, dalam menghadapi MEA Dudung mengatakan produk Indonesia akan siap bersaing dengan produk-produk luar negeri. Hanya persoalannya, bagaimana perajin Indonesia mampu mengolah produknya sekreatif dan inovatif mungkin.

"Persoalnya adalah bagaiamana masyarakat bisa melihat dan mengolah karyanya. Sebetulnya, karya ini sudah disediakan dari leluhur dan SDM kita melimpah di Indonesia, hanya saja. Mungkin perlu sedikit kreatifitas, perlu sedikit inovasi untuk melahirkan produk-produk dalam konteks kekinian," tukas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links