View Single Post
Old 29th August 2015, 08:25 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pemerintah Disarankan Perkuat Koordinasi untuk Tenangkan Pasar

Quote:
JAKARTA - Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menenangkan pasar dari gejolak yang terjadi karena krisis ekonomi global. Namun, jika pasar hanya dijanjikan tanpa bukti yang konkret, maka para pelaku pasar juga susah untuk merasa optimistis.
"Jadi jangan hanya membuat pernyataan yang menenangkan saja. Pelaku dunia usaha sudah tidak percaya lagi dengan omongan-omongan itu, yang perlu saat ini diperlihatkan kerjasama yang baik antar kementerian dan lembaga," ujar Pengamat Pasar Modal Farial Anwar saat dihubungi Okezone, Sabtu (29/8/2015).

Menurutnya, rasa ketidakpercayaan terhadap pernyataan pemerintah yang menyebut perekonomian masih aman adalah masuk akal. Pasalnya, pelaku dunia usaha merasakan dampak langsung dari pelemahan perekonomian.

"Ini mungkin enggak masalah untuk pemerintah tapi cukup tertekan untuk dunia usaha. Mereka rugi besar. Belum lagi itu menyebabkan dunia perbankan bermasalah karena NPL-nya besar dari pinjaman dunia usaha," imbuhnya.

Oleh karena itu, menurutnya ketimbang pemerintah hanya menunjukkan sikap menenangkan pasar, lebih baik membentuk koordinasi yang baik antara kementerian di bidang ekonomi, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Pemerintah harus bisa membentuk kebijakan yang bukan hanya menguntungkan berbagai pihak tapi juga mendorong perekonomian.

"Jangan santai-santai dan bilang ekonomi kita kuat. Dulu waktu 1997 kita juga sudah dengar seperti itu. Mereka bilang fundamental ekonomi kita kuat. Tapi ketika George Soros masuk dan mempermainkan Rupiah, dolar AS naik tajam. Akhirnya kita hancur lebur," katanya.

Kendati demikian, Farial mengaku masih optimistis perekonomian bisa membaik. Pasalnya hubungan antara menteri-menteri ekonomi, Gubernur BI dan OJK masih terjalin baik. Namun pemerintah tetap harus merealisasikan janjinya untuk mempercepat penyerapan anggaran pemerintah.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links