View Single Post
Old 30th August 2015, 08:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Agar Kekayaan Tetap Dinikmati Anak-Cucu

Quote:
JAKARTA – Sebuah kiasan generasi pertama membangun perusahaan, generasi mempertahankan perusahaan dan generasi ketiga menghabiskan kekayaan adalah sebuah realita. Bahkan data menunjukkan 70 persen keluarga kaya mengalami kehilangan kekayaannya ketika memasuki generasi kedua.

Konsultan kekayaan Williams Group juga menyebutkan, pada generasi ketiga, 90 persen kekayaan semakin habis. Supaya kekayaan keluarga tidak hilang oleh generasi penerus, berikut beberapa cara untuk melestarikan kekayaan keluarga, seperti dilansir dari laman Time.

1. Bicarakan masalah ini lebih awal dan sering

Anda mungkin berpikir, mendorong anak bekerja keras dengan tidak memberi tahu kekayaannya. Padahal ini merupakan bagian dari ketidakpedulian. Jika tidak pernah membicarakan tentang uang dengan anak, maka segera ubahlah.

Dan berikan anak-anak panduan mengenai literatur keuangan. Banyak lembaga keuangan atau konsultan yang bisa menawarkan bahan pembelajaran khusus serta kursus, dan program untuk mendapatkan warisan.

Hal tersebut juga berlaku untuk cucu-cucu. Berikan pelajaran cerdas mengelola keuangan pada mereka dan Anda telah mendorong kekayaan keluarga selama 30 hingga 40 tahun ke depan.

2. Diskusikan wasiat dengan anak

Jika Anda siap untuk transparansi yang benar, jangan ragu dan bicarakan dengan anak.

“Orangtua harus mengomunikasikan apa dan mengapa soal wasiat mereka dalam obrolan kelompok dengan anak mereka, jauh sebelum surat wasiat dibacakan,” ujar Perencana Keuangan, David Mullins.

Dengan demikian, Anda bisa menghadapi masalah yang nantinya bisa muncul sebagai keluarga. Hal ini pula dapat menghindari adanya perubahan status warisan menjadi piala dalam perang legal antar calon pewaris.

“Saudara akan tahu dengan sendirinya apa yang mereka dapat. Tanpa komunikasi yang baik, hal ini bisa menghancurkan keluarga,” ucapnya.

3. Ciptakan peta

Langkah terakhir yang bisa Anda ambil adalah ciptakan peta. Hampir seperempat orangtua berpikir bahwa anak mereka tak akan bisa menangani warisan dengan benar hingga usia 40 tahun.

Selain itu, hampir setengah orang kaya dengan usia di atas 70 tahun mengamininya. Hal inilah yang membuat Anda wajib membuat peta keuangan dalam bentuk pernyataan misi keluarga.

Anda bisa menuangkan apa yang diinginkan dalam syarat penggunaan dan menabung, serta memberikan strategi untuk membangun kekayaan.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links