View Single Post
Old 30th August 2015, 08:24 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kelola Dana Pensiun, Pahami Dulu Peruntukannya

Quote:
JAKARTA - Mengelola uang untuk pensiun tentu bukan sesuatu yang mudah. Terlebih untuk memutuskan melakukan investasi mana yang paling menguntungkan di hari tua.
Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengambil keputusan melakukan investasi dana pensiun. Seperti dilansir dalam artikel berjudul 5 Things to Know Before You Invest Your Retirement Money oleh Pakar Keuangan Dana Anspach, Minggu (30/8/2015).

1. Pahami bagaimana investasi mempengaruhi uang Anda

Merancang dana pensiun berarti mulai memikirkan berapa banyak dana yang ingin Anda capai saat pensiun tiba. Untuk itu, Anda perlu memahami perlunya investasi untuk mempengaruhi besaran uang pensiun Anda.

Ini berarti Anda mengembangkan apa yang disebut model alokasi aset yang memberitahu Anda berapa banyak uang pensiun yang harus masuk dalam saham maupun obligasi. Anda perlu melihat kembali sejarah dan risiko yang terkait dengan model alokasi aset Anda, dan jumlah uang yang Anda butuhkan setiap tahunnya.

2. Memilih jenis investasi pensiun

Anda dapat menempatkan uang pensiun Anda dalam investasi yang aman dan mengambil tingkat jaminan yang lebih rendah dari pengembalian yang mereka tawarkan. Anda juga dapat memilih dana pendapatan pensiun dan mungkin menerima pendapatan bulanan lebih daripada memilih investasi yang aman. Akan tetapi Anda harus menerima dana tersebut nantinya akan berfluktuasi.

Yang perlu diketahui, tidak ada investasi yang aman, oleh sebab itu, Anda perlu memilih investasi mana yang Anda prioritaskan apakah investasi yang aman, investasi untuk menghasilkan pendapatan, atau yang akan tumbuh untuk memberikan penghasilan 10 sampai 15 tahun ke depan.



3. Minta saran dari penasihat profesional

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan di mana harus menempatkan uang pensiun Anda adalah meminta nasihat dari pihak profesional. Jika tidak, Anda dapat melakukan cara lain seperti membaca beberapa buku tentang investasi sehingga Anda memahami konsep-konsep dasar investasi.

4. Hindari kesalahan dengan uang pensiun Anda

Orang-orang membuat kesalahan dengan uang pensiun mereka karena keserakahan atau ketidaktahuannya. Keserakahan bisa terjadi ketika mereka melihat sebuah investasi yang mereka pikir akan memberikan pengembalian di atas rata-rata.

Ketika Anda memahami bagaimana investasi bekerja, Anda tahu bahwa pengembalian di atas rata-rata tidak mungkin selama beberapa jangka waktu. Banyak investasi yang menarik jika ingin memenuhi hasrat buruk tersebut yang menjerumuskan Anda dalam penipuan atau skema ponzi. Jika kedengarannya tingkat pengembalian terlalu bagus, ada baiknya Anda tidak mengambil investasi tersebut.

5. Membuat rencana

Membuat rencana membantu Anda membuat keputusan cerdas dengan uang pensiun Anda. Sebab, uang yang Anda miliki juga harus berputar. Hal ini bukan lagi tentang berapa banyak Anda dapat menumpuk uang.

Untuk membangun sebuah rencana pendapatan pensiun baik, Anda dapat menyewa perencana pensiun, menggunakan kalkulator pensiun secara online atau menyusun rencana pendapatan pensiun Anda sendiri.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links