View Single Post
Old 31st August 2015, 09:02 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Sisa Gaji Lebih Baik Ditabung atau Diinvestasikan?

Quote:
SAYA mau bertanya, di tengah kondisi ekonomi yang katanya sedang tidak bagus sekarang ini. Lebih bagus mana, sisa gaji yang sekira Rp500 ribu per bulan disimpan di tabungan saja, atau lebih baik diinvestasikan di deposito atau reksa dana?

Terima kasih.

Rezki

Jawab:

Apa kabar, Pak Rezki?

Memang saat ini ekonomi Indonesia sedang mengalami perlambatan pertumbuhan. Selain faktor dalam negeri, hal ini sedikit banyak juga sebagai dampak dari tekanan ekonomi dunia yang dirasakan pula oleh negara-negara lainnya.

Akan tetapi dalam kondisi ekonomi seperti ini bukan berarti kita tidak boleh berinvestasi, yang penting adalah memilih produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan kita. Langkah pertama yang harus Bapak lakukan adalah memastikan terlebih dahulu kondisi keuangan dalam keadaan sehat, artinya sudah memiliki dana darurat dan asuransi.

Dana darurat dicadangkan untuk membiayai kebutuhan yang sifatnya mendesak, agar tidak mengganggu biaya hidup sehari-hari. Asuransiperlu dimiliki, terutama untuk kesehatan karena biasanya biaya perawatan rumah sakit bisa memakan biaya yang sangat tinggi, kecuali jika perusahaan tempat bapak bekerja sudah memberikan fasilitas Asuransi Kesehatan.

Langkah selanjutnya, dengan dana yang tersedia pilihlah produk investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan Bapak. Setiap produk investasi ada kelebihan dan kekurangannya, selain itu ada yang cocok untuk investasi jangka pendek, ada pula yang lebih optimal hasilnya untuk investasi jangka panjang. Untuk membantu memilih, berikut tabel perbandingan antara Deposito, Reksadana dan ORI (Obligasi Pemerintah):




Khusus untuk Tabungan, menurut hemat saya tidak termasuk dalam jenis produk investasi. Hasil dari tabungan jauh lebih rendah dari angka inflasi, sehingga uang yang disimpan tidak akan bertambah nilainya malahan akan terus berkurang. Semoga penjelasan ini dapat membantu Bapak dalam menentukan produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan Bapak.

Salam.

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi

Perencanaan Keuangan , Konsultasi Keuangan , Financial Planner

Website. www.mre.co.id, Portal/Artikel. Perencanaan Keuangan

Game Edukasi Perencanaan Keuangan. SMART Money Game
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi

Berita Terkini Konsultasi Personal Finance MRE - Kumpulan Berita Konsultasi Personal Finance MRE Terbaru Hari Ini
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links