View Single Post
Old 31st August 2015, 09:10 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Upaya RI Agar Tak Menyusul Ketepurukan Malaysia

Quote:
JAKARTA – Pemerintah diminta untuk lakukan upaya penyelamatan dengan memegang kendali di dalam sektor domestik. Pasalnya perlu membenahi melalui sektor konsumsi rumah tangga (RT) dan investasi.

Direktur Eksekutif Indef Enny Sri Hartati menjelaskan, kedua faktor ini dapat membantu ekonomi Indonesia melewati kritis. Di mana sektor konsumsi rumah tangga 50 persen dari Gross Domestic Product (GDP), sedangkan investasi 30 persen.

“Bila pemerintah kredibel, mampu membuat kebijakan-kebijakan yang menenangkan kepercayaan pasar, kita bisa mengharapkan kekuatan dari konsumsi rumah tangga dan investasi. Bahkan kalau terkelola dengan baik, hampir bisa menyelamatkan krisis,” katanya kepada Okezone, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Adapun yang dimaksudnya, melalui stabilisasi harga, kebijakan pemerintah yang tepat dalam hal pangan, misalnya distribusi lancar, tidak adanya mafia, ekspektasi kartel dan sebagainya.

“Pemerintah yang mengeluarkan izin mereka, kalau enggak gitu, pemerintah enggak akan kredibel,” imbuh dia.

Dia menjelaskan, melalui sektor konsumsi rumah tangga dan investasi, dengan adanya daya beli, maka produksi otomatis akan ikut berjalan.

“Apalagi ditambah insentif yang sangat kinerja dari sektor riil. Dengan subsidi bunga sektor riil, apakah berbentuk kemudahan birokrasi, semua pungut-pungutan yang tidak perlu dihilangkan. Banyak sekali yang dapat dilakukan pemerintah. Sektor UMKM juga mampu tingkatkan daya beli,” jelasnya.

Bahkan dia mencontohkan, negara India yang sangat memperhatikan dalam menstabilisasi harga di sektor domestik. Sehingga membuat bank sentral mereka menurunkan suku bunga acuan.

“Kalau Jokowi mampu untuk melakukan relaksasi sektor fiskal dan fokus sektor rill, maka pemerintah akan kredibel dalam hal moneter,” pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links