View Single Post
Old 1st September 2015, 08:10 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mantan Mendag Marie Elka Tanggapi Paket Kebijakan Jokowi

Quote:
JAKARTA - Situasi perekonomian global saat ini sedang dalam kondisi yang memprihatinkan, termasuk Indonesia. Untuk itu, Pemerintah akan segera mengeluarkan paket kebijakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Marie Elka Pangestu meminta Pemerintah untuk fokus terhadap paket tersebut. Pasalnya, jika hanya membuat satu paket akan sangat sulit memulihkan perekonomian Indonesia.

"Tidak mungkin dalam satu paket, karena pada 1983-1985 itu paket deregulasinya banyak, tidak hanya satu kali," kata Marie saat ditemui di Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Menurutnya, hal terpenting yaitu membuat kebijakan yang memiliki benang merah untuk mengatasi persoalan ekonomi secara keseluruhan.

"Waktu itu diversifikasi ekspor nonmigas. Keadaan sekarang mirip, tapi lebih kompleks. Karena bukan hanya harga minyak turun, tapi ada perlambatan ekonomi China," kata dia.

Dia juga menambahkan, Indonesia berhasil keluar dari krisis pada 2008 dikarenakan adanya stimulus bersama dari banyak Kementerian. Sehingga, pada 2010 dan 2011 perekonomian mulai membaik.

Akan tetapi, lanjut dia, dampak stimulus tidak dapat dirasakan secara terus menerus. Terlebih saat ini stimulus seakan ditarik kembali.

"Kita sekarang stimulus itu ditarik kembali, sebenarnya itu fenomena yang terjadi. Itulah yang membuat dolar menguat. Kita perlu antisipasi," kata dia.

"Yang terjadi ini bukan siklus bisnis biasa tapi akan berlangsung selama 5 tahun. AS membaik, Tiongkok harus melakukan reform. Kita juga hrus reform. Selama kita bisa menunjukan kebijakan jelas dan konsisten, itu menunjukan kita lokasi yang berkualitas," tandas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links