View Single Post
Old 1st September 2015, 08:13 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default "Malaysia Lebih Babak Belur dari Indonesia"

Quote:
JAKARTA - Dampak gejolak perekonomian global tentu sangat terasa bagi perekonomian Indonesia saat ini. Namun, tidak hanya Indonesia, gonjang-ganjing perekonomian juga dirasakan negara lain di dunia, bahkan lebih parah dibandingkan Indonesia.
Menurut pengamat ekonomi Purbaya Yudhi Sadewa, perlambatan ekonomi yang terjadi di Indonesia tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan negara-negara yang ikut terkena imbas gejolak perekonomian global.

"Hampir semuanya kena, Malaysia sudah jauh lebih babak belur dari kita. Singapura sempat negatif, Jepang walaupun bagus tumbuh hanya 1 persen. China juga, walaupun target 7 persen saya yakin hanya 5 persen, karena sektor riilnya kena," tutur Purbaya saat dihubungi Okezone, Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, harga-harga komoditas dan minyak dunia yang anjlok hingga penguatan mata uang dolar Amerika Serikat tentu menjadi penyebab utama dari gejolak ekonomi yang dirasakan oleh negara-negara tersebut.

Sedangkan Malaysia, bernasib paling parah. Selain sentimen negatif dari kondisi ekonomi global, keadaan dan kondisi politik yang semakin keruh juga memperburuk perekonomiannya.

"Selain itu juga sebenarnya modal asing sudah keluar sejak lama dari Malaysia. Alsannya karena macam-macam, apa lagi dia (Malaysia) fokus ke produk-produk high end. Negara seperti itu biasanya yang terkena duluan ketika permintaan global menurun," imbuhnya.

Berdasarkan hal itu, menurutnya nasib Indonesia masih jauh lebih baik. Pasalnya meski perekonomian melambat, Indonesia masih tumbuh perekonomiannya sebesar 4,67 persen pada kuartal II-2015.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links