View Single Post
Old 1st September 2015, 08:15 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kepepet Butuh Dana, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Quote:
LEBARAN kemarin, saya habis-habisan. Dalam artian uang yang tersisa hanya cukup untuk ongkos kerja dan makan sehari-hari. Tiba-tiba ada kebutuhan mendadak, yakni ibu saya di kampung mendadak sakit dan minta dikirimi uang oleh saya. Apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih.

Halimi



Jawab:

Salam kenal, Mas Halimi.Saya bisa memahami sulitnya posisi Anda saat ini. Untuk biaya sehari-hari sudah harus mengetatkan ikat pinggang, pada saat yang sama ada kebutuhan mendadak yang memerlukan biaya yang cukup besar.

Sebagai anak tentunya Anda wajib untuk membantu orangtua pada saat membutuhkan pertolongan Anda. Mau tidak mau Anda harus mencari alternatif pinjaman yang tentunya tidak menyulitkan pada saat mencicil pembayarannya.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah mengetahui besarnya kebutuhan dana, lalu setelah itu berapa dana per bulan yang bisa Anda sisihkan untuk menyicil pinjaman tersebut.

Sebagai contoh: Dana yang dibutuhkan Rp10 juta, saat ini penghasilan Anda Rp4 juta per bulan. Maksimal dana yang bisa digunakan untuk menyicil pinjaman adalah 30 persen dari pendapatan atau Rp1,2 juta tiap bulannya.

Setelah mengetahui angka di atas, maka langkah selanjutnya adalah mencari sumber pinjaman. Pilihan terbaik tentunya meminjam pada kerabat, rekan kerja atau teman. Anda tidak akan terbebani oleh bunga pinjaman, akan tetapi perlu kedisiplinan untuk membayar hutang tersebut agar hubungan tidak rusak.

Umumnya orang menjadi lebih santai dalam membayar utang pada kenalan, sehingga sering menunda-nunda yang akhirnya merusak pertemanan. Alternatif selanjutnya adalah meminjam dari perusahaan tempat Anda bekerja. Dengan cara ini biasanya pembayaran akan lebih disiplin karena dipotong langsung dari gaji.

Jika perusahaan tidak memberikan pinjaman bagi karyawannya, barulah Anda mencari pinjaman di lembaga keuangan. Saat ini banyak KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang ditawarkan bagi karyawan. Cukup dengan melampirkan KTP, KK, Slip Gaji maka Anda bisa segera mendapatkan dana yang dibutuhkan.

Akan tetapi bunga yang dibebankan cukup tinggi. Bandingkan KTA dari beberapa bank untuk mendapatkan penawaran yang terbaik.

Ada baiknya jika Anda menjual asset berharga yang dimiliki, dibandingkan mendapatkan dana dari pinjaman. Hal ini dapat mengurangi beban Anda dan terhindar dari risiko kesulitan dalam membayar cicilan.

Selanjutnya untuk ke depannya sebaiknya Anda menyisihkan sejumlah dana setiap bulannya untuk dimasukkan sebagai dana darurat atau diinvestasikan, untuk mengantisipasi kejadian yang sama terulang kembali.

Sedangkan untuk orangtua Anda bisa mendaftarkan diri di layanan BPJS Kesehatan, sehingga jika suatu hari memerlukan perawatan karena sakit biayanya dapat ditanggung oleh BPJS. Ini akan jauh lebih ekonomis dibandingkan harus mengeluarkan biaya sendiri, selain itu premi nya pun relatifsangat ringan.

Semoga bermanfaat.

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi

Perencanaan Keuangan , Konsultasi Keuangan , Financial Planner

Website. www.mre.co.id, Portal/Artikel. Perencanaan Keuangan

Game Edukasi Perencanaan Keuangan. SMART Money Game
Fanspage. MreFinancialBusiness Advisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi

Berita Terkini Konsultasi Personal Finance MRE - Kumpulan Berita Konsultasi Personal Finance MRE Terbaru Hari Ini
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links