View Single Post
Old 1st September 2015, 08:20 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kisah Lunasnya Utang Indonesia ke IMF

Quote:
JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah kedatangan tamu dari rombongan International Monetary Fund (IMF) yang dipimpim oleh Direktur Operasional Dana Moneter Internasional IMF Christian Lagarde. Kedatangan mereka diketahui untuk menghadiri seminar dengan tema 'Future of Asia's Finance: Financing for Development 2015' dan dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Namun, sebelumnya banyak yang memperkirakan kedatangan IMF guna memberikan utang kepada Indonesia. Hal tersebut langsung dibantah oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, yang menjelaskan bahwa kedatang IMF murni untuk menghadiri seminar tersebut.

Indonesia sebenarnya sudah tidak memiliki memiliki kewajiban utang ke pada IMF sejak 2006, seperti sebagaimana yang telah ditegaskan oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada saat itu SBY dengan Menko Perekonomian yang kala itu dijabat Boediono, Menteri Keuangan yang dijabat oleh Sri Mulyani, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Burhanuddin Abdullah telah menyepakati akan melunasi utang IMF.

“Sejak tahun 2006 sudah beberapa kali saya sampaikan bahwa Indonesia tidak berhutang lagi kepada IMF,” kata SBY kala itu.

Menurut SBY, penulasan utang kepada IMF merupakan bagian dari kerangka ekonomi Indonesia. Pada konferensi press kala itu dia juga menyampaikan bahwa angka rasio utang Indonesia semakin menurun. Rasio utang pada tahun 2000 adalah 80 persen dari PDB, 2004 sebesar 54 persen dari PDB, 2005 sebesar 48 persen dari PDB dan 2006 sebesar 40 persen dari PDB.

Dengan pelunasan utang IMF, ukuran gap terhadap GDP ratio sehat. Bahkan SBY meyakini, Indonesia lebih sehat dari negara lain di Asia Tenggara yang kala itu rasio utangnya masih tinggi.

Kini, sembilan tahun sudah berlalu. SBY dalam akunnya menceritakan, setelah utang IMF lunas, para pemimpin IMF (Managing Director) satu per satu berkunjung ke Indonesia. Mereka yang datang adalah Rodrigo de Rato (2007), Dominique Strauss-Kahn (2011) hingga Chistine Lagarde (2012).

Kini giliran Christian Lagarde yang berkunjung ke Indonesia. Namun tujuan kedatanganya telah dipertegas bukan untuk menawarkan utang.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links