View Single Post
Old 1st September 2015, 08:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Menanti Pengumuman Inflasi Agustus

Quote:
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) akan segera mengumumkan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi Agustus 2015. Beberapa ekonom memprediksi inflasi Agustus berada di kisaran 0,5 persen.

Ekonom Danareksa Research Institute, Damhuri Nasution memprediksi inflasi Agustus 0,54 persen untuk month to month atau 7,34 persen secara year on year.

"Inflasi masih relatif tinggi karena harga beberapa kebutuhan pokok yang melambung, tahun ajaran baru untuk SD hingga Perguruan Tinggi (biasanya uang sekolah dan harga peralatan sekolah naik), kenaikan bea masuk impor serta depresiasi nilai tukar rupiah," jelasnya kepada wartawan, Jakarta, Rabu (1/9/2015).

Sementara itu, Kepala Ekonom Samuel Asset Manajemen Lana Soelistianingsih juga mengatakan, dirinya memprediksi inflasi Agustus di 0,55 persen atau 7,35 persen secara year on year. Hal ini dikarenakan dampak dari inflasi bahan makanan dan juga efek tahun ajaran baru bagi perguruan tinggi.

Berbeda dengan keduanya, Bank Indonesia (BI) menyatakan inflasi Agustus diperkirakan berkisar 0,3 persen atau 7,08 persen secara year on year. Hal ini berdasarkan survei minggu keempat yang dilakukan pihak BI.

Meski demikian, besaran inflasi yang sesungguhnya masih perlu menunggu pengumuman pihak BPS. Selain inflasi, BPS juga akan merilis perkembangan indeks harga perdagangan besar Agustus 2015, perkembangan nilai tukar petani dan harga gabah Agustus 2015, serta perkembangan pariwisata dan transportasi Juli 2015.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links