View Single Post
Old 2nd September 2015, 08:13 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Uji Coba Distribusi Subsidi Elpiji 3 Kg Ditunda Bergantung Pilkada

Quote:
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, distribusi subsidi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kilogram (kg) secara tertutup yang rencana semula akan dilakukan pilot project (uji coba) pada Agustus atau September ini, diundur menjadi hingga waktu yang belum ditentukan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menuturkan, bertepatan dengan akan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan pada 9 Desember mendatang menjadi bahan pertimbangan penundaan ujicoba di Batam.

"Pilot project di Batam sedang dalam proses rencana tahun ini, agak mundur sedikit. Tapi suasana secara sosial dengan adanya Pilkada maka jadi bahan pertimbangan kami. Apakah ditunda setelah Pilkada atau tidak. Namanya pilot project pasti ada kendala," ujarnya usai RDP dengan Komisi VII di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Dia mengatakan, nantinya penyaluran subsidi akan tersedia dalam empat metode. Pertama, subsidi langsung kepada yang berhak. Kedua, sistem finger print. Ketiga, media kartu sebagai penanda masyarakat yang berhak mendapat elpiji 3 kg dengan harga subsidi. Keempat, kartu debit, masyarakat yang berhak menggesekkan kartu tersebut pada mesin pencatat.

Untuk pihak perbankan, pihaknya telah melakukan diskusi dengan beberapa bank nasional yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Dia menjelaskan, beberapa daerah menolak penyaluran distribusi elpiji 3 kg disebabkan ada isu bahwa nanti subsidi dicabut. Namun, dia menegaskan, subsidi tetap ada, hanya saja yang menerima lebih tepat sasaran.

"Harus yang pernah dapat paket perdana. Keluarga dan usaha mikro. Kalau disampaikan tadi ada yang restoran pakai, enggak boleh. Usaha mikro saja," tegas dia.

Sementara itu, dia juga menyebutkan, elpiji 3 kg juga ada kebocoran, namun akan segera dibenahi. "Misalnya, kalau ada yang oplos agen kita cabut izinnya. Kalau ada pangkalan nakal kita beri sanksi," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links