View Single Post
Old 2nd September 2015, 08:15 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Melemahnya Ringgit Bisa Hancurkan Ekspor Indonesia

Quote:
JAKARTA – Malaysia dikenal dengan komoditas ekspor andalannya yakni kelapa sawit. Namun, harga CPO belakangan terus mengalami penurunan, dan menyebabkan mata uang Negeri Jiran tersebut melemah. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia diminta waspada dengan terdepresiasinya ringgit Malaysia lebih dalam.
Direktur Eksekutif Indef Enny Sri Hartati mengatakan, bila ringgit Malaysia terus terdepresiasi, akan membuat ekspor kelapa sawit buruk dan berimbas pada daya saing. Pasalnya, Malaysia juga dikenal mempunyai komoditas ekspor yang sama dengan Indonesia.

“Kalau (Malaysia) banting harga atau terdepresiasi, ya otomatis jadi murah. Kita kalah dan ekspor kita jadi buruk,” katanya kepada Okezone, Jakarta, Selasa (2/9/2015).

Dia menuturkan, dilihat dari keadaan Rupiah pada seminggu belakangan ini di level Rp14.000 per USD, sudah dapat dikatakan krisis ekonomi Malaysia mulai menjalar ke Indonesia. "Kalau kita lihat Rupiah berbeda tekanan, tapi yang pasti seminggu terakhir Rp14 ribu itu kan sudah indikasi," tuturnya.

Oleh karena itu, dia menilai bila tidak ingin terjadi krisis moneter seperti yang pernah dialami pada 1998, pemerintah diminta jangan hanya banyak bicara dan menganggap sepele permasalahan yang ada dengan mengatakan indikator fundamental perekonomian Indonesia sudah kuat.

"Itu yang tidak boleh pemerintah bilang bahwa fundamental kita kuat. Jangan sepelekan masalah, anggap enteng masalah. Ini harus segera dapatkan pengelolaan perekonomian yang benar-benar prudent," tandasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links