View Single Post
Old 2nd September 2015, 08:16 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ringgit Malaysia Berpotensi Terus Melemah

Quote:
JAKARTA - Tren pelemahan mata uang ringgit Malaysia sampai saat ini masih terus berlanjut. Bahkan depresiasi ringgit sudah memasuki pelemahan terdalam yakni 31 persen dalam kurun 17 tahun terakhir.
Ekonom PT Bank Central Asia (BCA) David Sumual memperkirakan tren pelemahan mata uang Malaysia akan tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Hal tersebut karena maraknya sentimen negatif, seperti harga komoditas yang anjlok, devaluasi yuan dan ancaman kenaikan suku bunga The Fed.

Selain itu, konflik politik yang terjadi di Malaysia juga menyumbang sentimen negatif bagi mata uang ringgit.

"Faktor politik internal yang mengganggu stabilitas Malaysia pasti ada pengaruhnya. Tapi faktor eksternal seperti tren turunnya harga komoditas dan kenaikan suku bunga the Fed juga pengaruhi ringgit. Tekanan dalam jangka pendek ini kelihatannya masih belum mereda," kata David saat dihubungi Okezone, Rabu (2/9/2015).

Namun, menurut David pergolakan ekonomi juga dirasakan oleh negara-negara berkembang lainnya, terutama negara-negara yang hanya bergantung dengan hasil komoditas untuk ekspor.

"Dia (Malaysia), sebenarnya sudah tertekan sejak tahun lalu. Ekspor mereka sudah turun karena anjloknya harga komoditas. Masalah politik juga membuat investor di Malaysia khawatir, sehingga mereka membawa uangnya keluar," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links