View Single Post
Old 3rd September 2015, 08:12 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Alasan IMF Intervensi Perekonomian Suatu Negara

Quote:
JAKARTA - Setiap entitas pasti memiliki tujuan. Termasuk International Monetary Foundation (IMF). Karena ini, lembaga ini seringkali melakukan intervensi terhadap perekonomian sebuah negara yang menjadi anggotanya.

Tujuan IMF berdasarkan akta pendiriannya meliputi upaya promosi perluasan secara seimbang perdagangan dunia, stabilitas nilai tukar, pencegahan devaluasi mata uang kompetitif, dan mengoreksi secara tertib persoalan neraca pembayaran suatu negara.

Untuk mencapai tujuan tersebut, IMF melakukan pemantauan perkembangan dan kebijakan ekonomi dan keuangan dari negara-negara anggotanya dan pada tingkat global, dan memberikan nasihat dan masukan kebijakan kepada anggotanya berdasarkan pengalamannya.

Selain itu, IMF memberikan pinjaman kepada negara anggota yang menghadapi masalah neraca pembayaran, tidak hanya untuk menyediakan pembiayaan sementara tetapi juga untuk mendukung proses penyesuaian dan kebijakan reformasi yang bertujuan untuk mengoreksi permasalahan mendasar perekonomian.

IMF menyediakan bantuan teknis dan pelatihan di bidang yang menjadi keahliannya kepada pemerintah dan bank sentral dari negara anggotanya. Demikian dilansir dari laman IMF, Kamis (2/9/2015).

Dengan demikian, sebagai satu-satunya badan internasional dengan aktivitas yang dimandatkan meliputi pelaksanaan dialog aktif dengan hampir semua negara tentang kebijakan ekonomi.

IMF merupakan forum utama untuk mendiskusikan tidak hanya kebijakan ekonomi nasional dalam konteks global, tetapi juga isu-isu yang penting bagi terjaganya stabilitas sistem keuangan dan moneter internasional, termasuk bagaimana negara memilih sistem nilai tukarnya, penghindaran destabilisasi arus modal internasional, dan perumusan standar dan kode secara internasional terhadap kebijakan dan kelembagaan.

Dengan bekerja untuk memperkuat sistem keuangan internasional dan mempercepat kemajuan terhadap pengurangan kemiskinan, juga mempromosikan kebijakan ekonomi yang baik di antara semua negara anggotanya, IMF membantu agar globalisasi dapat memberikan manfaat bagi semua orang.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links