View Single Post
Old 3rd September 2015, 08:15 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jenis-Jenis Utang yang Diberikan IMF

Quote:
JAKARTA - International Monetary Fund (IMF) memberikan pinjaman di bawah berbagai kebijakan atau fasilitas yang telah berkembang selama bertahun-tahun supaya memenuhi kebutuhan keanggotaan.

Jangka waktu, persyaratan pembayaran kembali, dan kondisi pinjaman yang menyertai fasilitas ini berbeda-beda, sebagai cermin dari jenis masalah neraca pembayaran dan keadaan yang mereka hadapi. Demikian dilansir dari laman IMF, Kamis (2/9/2015)

Ada beberapa fasilitas pinjaman IMF tertentu, yakni:

Pinjaman Siaga

(Stand-By Arrangements) membentuk inti kebijakan pinjaman IMF. Pengaturan Siaga memberikan kepastian kepada negara anggota bahwa pengaturan itu bisa menggunakan sampai sejumlah tertentu, biasanya selama 12–18 bulan, untuk mengatasai masalah neraca pembayaran jangka pendek.

Fasilitas Pendanaan yang Lebih Panjang

Dukungan IMF bagi anggotanya berdasarkan Fasilitas Pendanaan Diperpanjang memberikan kepastian bahwa sebuah negara anggota bisa menarik sampai sejumlah tertentu, biasanya selama tiga sampai empat tahun, untuk membantu negara itu mengatasi masalah ekonomi struktural yang menyebabkan kelemahan serius dalam neraca pembayarannya.

Fasilitas Pertumbuhan dan Pengurangan Kemiskinan

Fasilitas ini menggantikan Fasilitas Penyesuaian Struktural yang Disempurnakan pada November 1999. Fasilitas berbunga rendah untuk membantu negara anggota termiskin menghadapi masalah neraca pembayaran yang terlalu lama biaya bagi para peminjam disubsidi melalui hasil dari penjualan emas milik IMF di masa lalu, bersama dengan pinjaman dan dana bantuan yang disediakan kepada IMF untuk tujuan tersebut oleh anggota-anggotanya.

Fasilitas Cadangan Tambahan

Menyediakan pembiayaan jangka pendek tambahan kepada negara anggota yang mengalami kesulitan neraca pembayaran yang terkecuali karena hilangnya kepercayaan pasar yang mendadak dan mengganggu yang tercermin dalam arus modal keluar.

Kredit Kontinjen (Contingent Credit Lines—CCL)

Pagu pertahanan untuk mencegah lebih awal memudahkan anggota melaksanakan kebijakan ekonomi kuat untuk memperoleh pembiayaan IMF jangka pendek ketika menghadapi hilangnya kepercayaan pasar yang mendadak dan mengganggu yang diakibatkan dari penularan kesulitan di negara lain.

Bantuan Darurat

Diperkenalkan di tahun 1962 untuk membantu anggota mengatasi masalah neraca pembayaran yang timbul dari bencana alam yang mendadak dan tidak disangka, bentuk bantuan ini diperpanjang di tahun 1995 untuk mencakup situasi tertentu di mana anggota telah keluar dari konflik militer yang telah mengganggu kapasitas administratif dan institusional.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links