View Single Post
Old 3rd September 2015, 08:17 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Utang IMF dan Perjanjian yang Mengikat

Quote:
JAKARTA International Monetary Fund (IMF) adalah salah satu lembaga donor tujuan pinjaman dana segar. Namun layaknya pemberi pinjaman utang, IMF mengharapkan para peminjam memberikan prioritas untuk membayar kembali dananya.

Salah satu aturan umum perjanjiannya adalah, negara peminjam harus mengembalikan ke IMF sesuai jadwal, sehingga dana tersebut tersedia untuk pinjaman bagi negara lain yang membutuhkan pembiayaan neraca pembayaran.

IMF memiliki prosedur yang disiapkan untuk menghindari bertumpuknya tunggakan, atau pembayaran yang terlambat dan suku bunga. Namun, paling penting, adalah masyarakat international menekankan betapa pentingnya status IMF sebagai kreditor yang lebih disukai.

Ini memastikan bahwa IMF adalah di antara yang pertama dilunasi walaupun IMF sering merupakan pemberi pinjaman terakhir yang bersedia memberikan dana kepada sebuah negara, walaupun kemampuan negara tersebut untuk memenuhi kewajibannya sudah jelas dipermasalahkan.

Untuk lebih menjaga penggunaan anggota atas sumber daya IMF, pada Maret 2000, IMF mulai memperlakukan penilaian kepatuhan bank sentral dengan praktik-praktik yang diinginkan untuk prosedur kontrol internal, pelaporan keuangan dan mekanisme audit. Demikian dilansir dari laman IMF, Kamis (2/9/2015).

Pada waktu yang sama, Dewan Eksekutif memutuskan memperluas penerapan, dan menggunakan secara lebih sistematis, berbagai mekanisme yang sudah tersedia untuk menangani negara yang meminjam dari IMF berdasarkan informasi yang salah.

Dalam kebanyakan kasus, IMF, ketika memberi pinjaman, menyediakan hanya sebagian kecil keperluan pembiayaan eksternal sebuah negara. Tetapi karena persetujuan pemberian pinjaman IMF menunjukkan bahwa kebijakan ekonomi sebuah negara berada pada jalur yang benar, ini meyakinkan para investor dan komunitas resmi dan membantu menghasilkan pembiayaan tambahan dari sumber tersebut.

Sehingga, pembiayaan IMF dapat bertindak sebagai pengungkit yang penting atau katalis, untuk menarik dana lain. Kemampuan IMF untuk melaksanakan peranan katalis tersebut berdasarkan pada tingkat kepercayaan yang dimiliki para pemberi pinjaman lain tentang operasinya dan khususnya tentang kredibilitas persyaratan kebijakan yang dikaitkan dengan pinjamannya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links